MEDAN-Bagi anda yang hendak menunaikan ibadah haji namun tabungan anda masih kurang untuk biaya pemberangkatan melalui jalur haji regular, maka apabila anda memiliki emas minimal 15 gram, saat ini telah dapat mengajukan pembiayan ibadah haji di setiap outlet Pegadaian Syariah. Sebab, pegadian telah memilik produk yang bernama Arrum Haji.

Demikian dikatakan Pimpinan PT Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan, Nasruddin Dali ketika menyempatkan diri bersilaturahmi dengan insan pers di warkop Jurnalis Medan, Rabu, (19/4/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Dali menjelaskan, pihaknya melalui produk Arrum haji yang merupakan pembiayaan syariah untuk melaksanakan ibadah haji telah memberikan kemudahan dan diskon biaya administrasi untuk produk ini sebesar Rp 270 ribu bagi setiap nasabah.

"Bentuk pembiayaan dari Arrum Haji ini merupakan pinjaman sebesar 25 juta rupiah dalam bentuk tabungan haji. PT. Pegadaian memberikan layanan untuk nasabah yang mengalami kesulitan dalam hal pembiayaan untuk haji," jelasnya.

Selain itu, Dali menerangkan, Arrum Haji yang merupakan program pinjaman bagi para nasabah yang sejak April ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat. Jumlah pinjaman yang diberikan adalah sebesar Rp 25 juta per orang.

"Guna mendapatkan produk ini, nasabah harus melakukan pembukaan rekening dengan nominal sebesar Rp 500 ribu. Sedangkan yang dapat dijadikan sebagai jaminan adalah emas senilai Rp 7 juta atau Logam Mulia seberat 15 gram. Emas tersebut merupakan bukti setoran awal biaya perjalanan haji, pengembalian pinjaman dapat diangsur selama 36 bulan," terangnya.

Dali mengaku, pihaknya melalui produk ini menargetkan bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan porsi haji yang cepat melalui produk pegadaian ini.

"Untuk sementara ini, 300 nasabah telah mendaftar. Targetnya akhir tahun ini 1000 orang mendaftar," akunya.