KISARAN - Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Tenaga Kerja, Rabu (19/4/2017) melaksanakan pelatihan kepada pengrajin ulos yang berada di Kelurahan Sentang, Kecamatan Kota Kisaran Timur. "Selain memberikan pelatihan, Pemerintah Kabupaten Asahan juga memberikan bantuan alat tenun kepada masyarakat," tutur Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Asahan Jaya Prana Sembiring, kepada GoSumut disela sela kegiatan tersebut.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, dia berharap dapat menumbuhkembangkan pertenunan ulos di Kabupaten Asahan sehingga hasil tenunan ulos tersebut nantinya dapat menjadi salah satu kerajinan khas Asahan menggantikan kerajinan kain songket yang dahulu merupakan ciri khas Kabupaten Asahan sebelum terbentuknya Kabupaten Batubara.

"Semoga pengrajin ulos ini dapat berkembang menggantikan kain songket dulunya" harap Jaya.

Selain itu, dirinya juga berharap melalui kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menggiatkan kembali sektor UMKM sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta para petenun dapat mengembangkan kerajinan ulos di Kabupaten Asahan, baik dalam segi warna ataupun motif sehingga dapat lebih diterima oleh masyarakat dan pada akhirnya bisa menjadi ikon Kabupaten Asahan.

Adapun penerima bantuan antara lain Dewi Safitri dari Desa Bahung Sibatu-batu Kecamatan? Air Batu, Iin dari Desa Danau Sijabut Teratai Kecamatan? Air Batu, Arjunaidah dari Kelurahan Karang Anyer Kecamatan? Kota Kisaran Timur, Asmah dari Kelurahan Kedai Ledang Kecamatan? Kota Kisaran Timur dan Rani Rahayu dari Desa Danau Sijabut Kecamatan? Air Batu.