UNIVERSITAS Syiah Kuala (Unsyiah) berhasil meraih juara umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Mahasiswa Cabang Olahraga Petanque II antar perguruan tinggi se-Indonesia. Kejurnas Petanque III digelar pada 7-9 April di Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (18/4/2017). Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal mengapresiasi keberhasilan mahasiswa Unsyiah dalam sambutannya pada apel rutin Senin di halaman Kantor Pusat Administrasi Unsyiah, Senin (17/4/2017). Pada sela-sela apel Rektor Unsyiah turut menyerahkan piala dan sertifikat yang berhasil diboyong pada Kejurnas tersebut.

“Unsyiah ingin mahasiswanya bukan hanya unggul dari segi akademik, tapi mahasiswa Unsyiah juga harus unggul di bidang non-akademik,” ujarnya.

Menurutnya, mahasiwa Unsyiah juga harus mampu bersaing cabang olahraga lain selain petanque. Namun kemenangan yang telah diraih diharapkan dapat menjadi penyemangat untuk bertanding pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XV di Universitas Hasanuddin Makassar pada Oktober 2017 mendatang.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Aceh, Drs Abdurrahman Mkes yang mendampingi kontingen Unsyiah mengatakan, Unsyiah berhasil memperoleh 3 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu.

“Emas diraih Novi Lidya Isdarianti (shooting women's), Ali Aruansyah dan Ilyas (double mens), serta Novi Lydia Isdarianti dan Kurnia Eliyanti (double women's),” kata Abdurrahman yang juga dosen Unsyiah tersebut.

Ia menjelaskan, kemudian medali perak diraih pasangan Ridwanyah dan Arsiko serta Rahmad dan Ilyas pada kategori tripple men's. Sedangkan medali perunggu didapat dari nomor double mix oleh pasangan Ali Aruansyah dan Rani Amelia serta pasangan Cit Nita K dan Ana Fitri pada nomor double women's.

“Pada tahun 2018 kemungkinan besar Kejurnas Petanque III antar perguruan tinggi se-Indonesia akan berlangsung di Unsyiah,” tutupnya. /rel