JAKARTA – Aparat kepolisian mengaku tengah memburu pemilik mobil Toyota Avanza tanpa plat nomor yang diduga sengaja dibakar di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Minggu (16/4/2017), dini hari yang berbarengan tablig akbar yang dihadiri Habib Rizieq Shihab. Jamaah pengajian yang berada dilokasi kejadian ramai-ramai berusaha memadamkan api sambil menunggu mobil pemadam yang datang. Karena tak kunjung datang, api baru bisa dipadamkan jamaah pengajian sekitar 30 menit kemudian.

Kabag Humas Polres Jakarta Timur, Komisaris Wasiyem mengatakan, peristiwa itu bermula saat sebuah mobil Toyota Avanza tanpa nomor kendaraan melintas di Jl MT Haryono sekitar pukul 00.30.

“Tiba-tiba mobil itu mengeluarkan percikan api dan langsung melahap seluruh mobil,” sebut Wasiyem.

Mobil yang terbakar itu, dalam keadaan rem tangannya tidak ditarik. Sehingga kendaraan yang sudah terbakar itu tetap berjalan dan mengarah ke jamaah yang tengah menghadiri pengajian.

“Jamaah pengajian yang berada dilokasi banyak panik dan berupaya memadamkan api dari mobil yang terbakar itu,” ujarnya. Wasiyem mengaku pihaknya masih memburu siapa pemilik mobil tanpa plat nomor yang terbakar tersebut.
Sebelumnya Juru bicara Front Pembela Islam (FPI), Slamet Ma’arif mengatakan terbakarnya mobil yang tidak jauh dari lokasi pengajian yang dihadiri Habib Rizieq itu diduga merupakan teror yang sengaja di setting dan ingin mencelakai Imam Besar FPI dan umat Islam yang hadir pada pengajian.

Dugaan itu berdasarkan temuan delapan drigen bensin di dalam dua mobil, yakni Toyota Kijang Grand berplat nomor B 1552 AH dan Toyota Kijang Bernopol B 7208 EQ yang ada di area pengajian. Slamet juga menyebutkan tak ada satu pun anggota kepolisian yang melakukan pengamanan di lokasi pengajian sebelum mobil terbakar. Selain itu tim gegana baru datang tiga jam setelah kejadian yakni pukul 03.00.