LANGKAT-Tercatat sebanyak sembilan orang pekerja diproyek Perusahaan Listrik Tenaga Uap (PLTU) unit 3 & 4 yang terletak di dusun 6 Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat, mengalami kecelakaan kerja yang mengakibatkan korban mengalami luka cedera.

Saat ini para 8 pekerja yang menjadi korban telah dievakuasi dan dalam perawatan pihak medis di Rumah Sakit Pertamina Pangkalan Berandan (RSPPB) Jalan Tamrin Kelurahan Puraka II Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, sementara 1 orang dirawat di Klinik Pertamina Pangkalan Susu.

Adapun kesembilan korban yakni, Affandi (22) warga Desa Lubuk Kertang Kecamatan Brandan Barat, mengalami luka lecet pada lengan kiri, memar bagian pinggang, Irwansyah (30) warga Lingkungan VII Kelurahan Bukit Jengkol Kecamatan Pangkalan Susu alami memar bahu kanan, luka pada telapak tangan kanan, luka bagian kening 12 jahitan, Yulius (45) domisili Jalan Sulawesi Pangkalan Brandan, alami memar pada paha kanan dan paha kiri.

Rahmad, (20) warga Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu, luka bagian dagu, Rian (28) warga Jalan Pangkalan Brandan Kelurahan Beras Basah alami memar pada lutut kiri, Asri (27) warga Dusun IV Panton Desa Sei Siur Kecamatan Pangkalan Susu, alami luka pada bagian tulang kering kanan dan kiri, Hamdan (19), warga Dusun V Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu, menderita memar pada rusuk kiri dan pinggang kiri, Sarwo Edy (36) warga Dusun III Desa Sei Siur Kecamatan Pangkalan Susu mengalami memar pada bagian rusuk kanan, dan Surianto (90) warga Gang Manggis Alur Dua Desa Tanah Rendah Kecamatan Brandan Barat menderita memar bagian rusuk kiri.

Adapun kronologis, ketika sedang berlangsung pengerjaan mengangkat material berupa besi pipa pembatas pagar boiler ke rangka bangunan boiler unit 4 dengan menggunakan alat berat Crane Kapasitas 400 ton. Disaat material pada ketinggian 42 meter, sling yang mengikat material terputus sehingga material terjatuh ke lantai boiler.

Akibatnya lantai boiler dan pagar pembatas boiler yang ada di rangka bangunan boiler terpental dan mengenai para korban yang berada di TKP dan mengakibatkan para korban mengalami luka ringan dan langsung dibawa ke RS Pertamina Pangkalan Brandan guna mendapat pertolongan.

Kasubag Humas Polres Langkat Iptu Dwi Sahputra, Minggu (9/4) siang, membenarkan atas hal tersebut, di mana pihak Kepolisuan setempat (Polsek Pangkalan Susu) ada menerima laporan terkait kecelakaan kerja di Rangka bangunan boiler unit 4di ketinggian 42 meter, pada proyek PLTU 2 Sumut 2x220 MW, yang berada diDusun VI Sei Dua Desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.

Sementara dari tempat kejadian pihak kepolisian mengamankan barang bukti berupa satu potong kabel sling, satu buah Greeting Lantai Boiler dan satu peti besi pipa pagar batas tangga boiler.

"Sejauh ini pihak kepolisian setempat telah mengambil tindakan berupa, Cek TKP, amankan barang bukti dan memasang police line," pungkas Dwi.