SERDANG BEDAGAI - Dalam menjelajahi sekolah jauh di pelosok desa, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya dan Kadis Pendidikan Sergai, Jonni Walker Manik mengendarai sepeda motor jenis trail, Sabtu (8/4/2017). Adapun rute trail Touring of Education Sergai III ini dilakukan di titik start di SMPN 2 Kecamatan Dolok Masihul sampai ke SMP Kecamatan Bintang Bayu dengan tujuan untuk melihat kondisi sekolah-sekolah dipedesaan.

Soekirman mengetakan, kegiatan trail tersebut dalam rangka mengunjungi sekaligus melihat langsung kondisi sekolah Kecamatan Dolok Masihul dan beberapa sekolah yang jauh dipedalaman.

"Jadilah yang terbaik, beranilah bermimpi besar untuk meraih prestasi, tetapi bertanggung jawab untuk mewujudkan mimpi tersebut," ujar Soekirman kepada pelajar.

Bupati menyoroti masih banyaknya tenaga pendidikan yang berstatus kontrak. Perlu dukungan semua pihak agar pelaku pendidikan mendapatkan status dan penghasilan yang layak untuk sejahtera.

“Kita harus bisa membenahi tenaga pengajar dan sarana sekolah sehingga pendidikan dapat maju dan berkembang,” ujarnya.

Sementara itu, Wabup Darma Wijaya memminta agar pelajar jangan pernah minder dan malu jika lokasi sekolahnya berada di kampung. Menurutnya, belum tentu sekolah di kota dan mahal menjadi jaminan keberhasilan.

“Anak kampung tidak kalah dari anak kota, asal kita mau belajar tekun,” bilangnya.