MEDAN-Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Ramli, mendukung langkah Komisi A DPRD Medan yang siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Di mana usulan sosialisasi agar masyarakat mau datang mencoblos pada pelaksanaan pemungutan suara saat setiap reses dewan digelar, merupakan terobosan baru.

Mantan Ketua AMPI Kota Medan menerangkan, dalam kurun dua tahun kedepan bakal ada dua agenda pesta demokrasi yakni Pilgusbu 2018 serta Pemilu legislatif dan Pilpres serentak 2019.

“Kita tidak ingin partisipasi pemilih pada Pilgubsu dan pemilu mendatang sama rendahnya seperti Pilkada Kota Medan 2015 lalu,” ungkapnya.

Mengenai usulan yang disampaikan saat kunjungan kerja Komisi A DPRD Medan ke KPU Kota Medan, pihaknya akan membahas di tingkatan pimpinan.

“Sebelum itu dilakukan, Komisi A harus terlebih dahulu menyampaikan usulan adanya MoU dengan KPU secara resmi kepada pimpinan dewan,” sarannya.

Pada berita sebelumnya, muncul wacana MoU antara DPRD Medan dan KPUD Medan yang disampaikan langsung Ketua Komisi A, Sabar Syamsurya Sitepu.

Dalam pertemuan itu, dewan mempersilahkan KPU Kota Medan menyelipkan agenda sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih di tiap reses dewan. Sebab, betapa pentingnya memberikan hak suara, yang nantinya akan menentukan masa depan suatu daerah.