SAMOSIR - Guna mendukung kawasan strategis pariwisata Danau Toba, proyek nasional jalan lingkar (ring road) di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, mulai dikerjakan.

Pihak rekanan telah melakukan pitching (penggalian) di sejumlah titik jalan yang telah rusak disepanjang rute Pangururan-Tomok Simanindo, dan pelebaran dari tujuh meter menjadi 14 meter.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, berharap dukungan dari masyarakat, terutama yang tanahnya terdampak pelebaran untuk mewujudkan Samosir sebagai daerah tujuan wisata nasional maupun internasional.

"Perlu pembenahan dari seluruh sektor," kata Bupati Samosir, Rapidin, Jumat (31/3/2017), seraya berharap kebersamaan dan kesedian masyarakat terkait pembebasan lahan.

Masyarakat berharap dengan perbaikan jalan di wilayah Samosir dapat mengatasi kerusakan jalan nasional dan peran Pemerintah daerah dalam pengawasan tonase angkutan agar tidak cepat rusak.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melebarkan jalan lingkar Pulau Samosir sepanjang 145 Km untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Penanganan jalan lingkar Samosir dilakukan dengan kontrak tahun jamak (multiyear) selama tiga tahun mulai tahun anggaran 2016.