Home > Berita > Umum

TP PKK Propsu Supervisi Desa Binaan di Palas

TP PKK Propsu Supervisi Desa Binaan di Palas
Ketua TP PKK Palas Ny Yusra Ali Sutan Harahap menyampaikan sambutan pada saat acara kunjungan Tim supervise PKK Provsu
Kamis, 30 Maret 2017 21:52 WIB
Penulis: Sufriady Halomoan

PADANG LAWAS - Tim Penggerak PKK Propinsi Sumatera Utara (Propsu) yang dipimpin Ny Netty Amansyah mengadakan supervisi desa binaan di wilayah Kabupaten Padang Lawas (Palas), Kamis (30/3/2017).

Adapun desa yang disupervisi itu yakni sebanyak 9 desa seperti di Desa Panarian Kecamatan Barumum Selatan kategori desa PT-P2WKSS, Hasahatan Jae kategori desa tertib administrasi, Pir Trans Sosa IB kategori UP2K PKK, Desa Siraisan kategori pemanfaatan hasil toga, Desa Sayur Mahincat kategori pemanfaatan tanah pekarangan (hatinya PKK).
Desa Janji Matogu, Kecamatan Lubuk Barumun kategori desa PKK-KB-kesehatan, Desa Hutaraja Lamo kategori posyandu, Desa Padang Hasior Dolok kategori PHBS, Desa Janji Matogu, Kecamatan Barumun Tengah kategori lingkungan bersih dan sehat.

Ketua TP PKK Palas Ny Yusra Ali Sutan Harahap berharap agar Tim supervisi dapat memberikan arahan guna pembinaan di masa yang akan datang dan tim Penggerak PKK Kabupaten akan mencari terus terobosan untuk mewujudkan apa yang akan menjadi visi melalui misi gerakan PKK.

“Membina satu desa bukanlah satu pekerjaan yang mudah, karena yang akan kita bina adalah desa yang dihuni masyarakat yang majemuk dengan tingkat pendidikan yang beragam, gaya hidup yang berbeda satu sama lain, tingkat kesejahteraan yang variati,” terangnya.

Ads
Kemudian, katanya, perekonomian yang terbatas adalah masalah yang sering dijumpai, namun dengan jiwa pengabdian yang tinggi dan tulus ikhlas dari semua relawan PKK di kabupaten Palas sampai pelosok desa, dewan penyantun dan masyarakat setiap masalah yang ada kami jadikan tantangan untuk pencapaian tujuan gerakan PKK di kabupaten Palas.

Sambutan Bupati Palas H Ali Sutan harahap yang dibacakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hamzah SSos mengatakan supervisi merupakan upaya yang tepat bagi kita untuk melihat langsung berbbagai keberhasilan dilapangan yang telah dilakukan oleh TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan desa serta perkembangan pelaksanaan 10 program PKK di desa-desa.

“Tim PKK kabupaten diimbau untuk terus melakukan pembinaan yang berkesinambungan kepada PKK kecamatan dan desa pada hal-hal yang akan menjadi penilaian oleh Tim supervise desa binaan/percontohan,” harapnya.

Sekretaris PKK Propsu Ny Netty Amansyah dalam sambutannya menjelaskan tujuan supervise adalah untuk melihat secara langsung dilapangan berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh TP PKK kabupaten/Kota, Kecamatan, dan desa/kelurahan tentang 10 program pokok PKK yang didukung dinas/SKPD terkait.

Selanjutnya, kata Netty, untuk mengetahui apa saja manfaat yangd irasakan oleh masyarakat didesa/kelurahan sejak awal pembinaan sampai saat sekarang ini, dan untuk melihat kemajuan desa/kelurahan yang telah dibina sampai pada saat supervisi dibanding sebelum pembinaan, saat dan setelah pembinaan.

“Pada saat supervise, 33 Kabupaten/Kota seluruhnya dikunjungi dan teknis pelaksanaan dilapangan dilaksanakan di pusat Ibu Kota Kabupaten/Kota,” terangnya. (*)

wwwwww