MEDAN-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyebutkan MTQ Nasional 2018 dimana Sumatera Utara menjadi tuan rumah terwujud dan tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Sumatera Utara, setelah 45 tahun dalam penantian.

‘’Saya sangat berharap Provinsi Sumatera Utara tidak hanya sukses sebagai tuan rumah, namun juga sukses diprestasi,’’ ucap Gubsu Tengku Erry usai mengukuhkan kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Sumut di Gubernuran Jalan Jenderal Sudirman Medan.

Dalam kesempatan tersebut Gubsu Erry berharap LPTQ Provsu dapat bekerja maksimal baik secara fisik maupun non fisik sebagai persiapan Provsu sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Nasional 2018 mendatang. "Saya berharap kita sukses dari sisi penyelenggaraan dan juga prestasi. Saya minta Pak Ustadz Fadlan, orang Sumut yang merantau ditarik kembali untuk mengharumkan nama Sumut," ujar Gubsu.

Hadir dalam acara pengukuhan Kakanwil Kemenagsu Tohar Bayoangin, Kepala BNN Sumut Brigjen Pol Andi Loedianto, Sekda Provsu juga Ketua Umum LPTQ Sumut Hasban Ritonga, Ketua Badan Silaturahmi Pondok Pesantren Sumut Yulizar Parlagutan Lubis, Ka Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Sumut, para pimpinan pondok pesantren se Sumut, pimpinan SKPD Provsu dan para atlet santri dan santriwati berprestasi.

Dikatakan Gubsu kesuksesan penyelenggaraan dan prestasi akan dapat diraih jika seluruh stakeholder terkait baik di kabupaten/kota maupun Provinsi Sumut dapat bersinerji untuk mensukseskan kegiatan keagamaan tersebut. "Saya yakin kita bisa. Apalagi melibatkan Kabupaten Kota. Saya ingin syiarnya MTQ ini bisa lebih bergaung hingga ke seluruh Sumut,"ujar Gubsu lagi.

Dalam kesempatan tersebut Gubsu juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sudah melakuan sejumlah persiapan termasuk merenovasi sejumlah venue untuk pelaksanaan MTQ. Bahkan Pemprovsu telah menganggarkan pembangunan Islamic Center yang akan dibangun diatas lahan seluas 50 hektar. "Kita sudah anggarkan sekitar Rp48 miliar di lahan PTPN II dekat Bandara Kualanamu. Saat ini kita menunggu ijin dari pusat,"terangnya.

Sementara itu Ketua Harian LPTQ Provsu DR H Asren Nasution MA mengaku siap melaksanakan amanah untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional di Sumut. Termasuk juga melakukan pembinaan terhadap para Qori dan Qoriah agar berprestasi pada MTQ tersebut.

Dikatakan Asren mulai bulan April mendatang pihaknya telah mulai melakukan pembinaan Qori dan Qoriah sekaligus memantau pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Kota sehingga menghasilkan Qori-Qoriah yang berprestasi.

"Sebenarnya itu ujung tombaknya adalah di Kabupaten Kota menjaring qori dan qoriah yang berprestasi. Baru nanti akan dijaring lagi di MTQ tingkat Provinsi di Dairi. Setelah itu kita menghimpun dan melakukan pembinaan untuk menjadi wakil Sumut pada tingkat nasional," ujar Asren.

Asren juga mengaku akan menindaklanjuti keinginan Gubernur Sumut untuk mengembalikan para qori dan qoriah asal Sumut yang belakangan ini memperkuat kontingen Provinsi lain. "Jumlahnya ada duapuluhan. Selama ini salah satu andalan Provinsi lain itu termasuk anak-anak kita itu.Kita yakin bisa membawa pulang mereka. Apalagi Gubernur sangat mendukung agar mereka kembali ke Sumut dan memperkuat kontingen kita di MTQ nanti,"pungkasnya.