PADANGSIDIMPUAN-Selain merenggut korban jiwa, akibat banjir bandang Sungai Batang Ayumi di Kota Padangsidimpuan juga merusak puluhan rumah. Mulai dari hanyut hingga terendam.

Informasi yang dikumpulkan, adapun daerah yang terdampak bencana banjir seperti Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu. Di Kecamatan yang berada dekat dengan Gunung Lubuk Raya, lokasi sumber debit air dan hulu sungai Batang Ayumi ini, sejumlah rumah dikabarkan rusak. Begitu juga di Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, belasan rumah rusak, hanyut dan terendam.

"Yang jelas, hampir rata-rata pemukiman warga yang berada persis di dekat aliran sungai batang ayumi terkena dampak banjir bandang," ucap R Hasibuan (35) warga Padangsidimpuan.

Tak hanya di pinggiran kota, bahkan di sejumlah lokasi lainnya yang berada di dekat inti kota juga terdampak banjir yang diketahui terbesar sepanjang tahun ini.

"Di inti kota yang dilintasi sungai batang ayumi juga terimbas, puluhan rumah rusak, bahkan ada yang hanyut dan terendam," jelasnya.

Sementara, pihak BPD Kota Padangsidimpuan hingga kini masih bekerja ekstra untuk mengevakuasi warga yang menjadi korban. Untuk data dan berapa jumlah rumah serta korban jiwa maupun materi belum dapat dipastikan.

"Kita masih terus bekerja mengevakuasi warga lebih dulu, dan membantu pencarian warga yang dikabarkan hilang. Diduga kuat ada yang terseret arus. Untuk jumlah pastinyai belum dapat kita paparkan," pungkas Kepala BPBD Kota Padangsidimpuan Khairul Harahap.