BELAWAN-Dampak dari melonjaknya harga garam membuat peredaran ikan asin menjadi langka di berbagai pasar tradisional di Kota Medan, Senin (27/3/2017).

Menurut Sorta (45) pedagang di pasar Palapa Brayan Kota, selama sebulan dirinya tak lagi mendapat pasokan ikan asin dari kawasan Belawan.

"Udah sebulan Aku tak mendapat kiriman ikan asin lagi dari Belawan. Kata mereka persoalannya adalah harga garam untuk membuat ikan asin sangat mahal harganya," kata Sorta.

Langkanya ikan asin di pasar tradisional di Kota Medan karena para pengrajin ikan asin tak dapat lagi memasok ikan asinnya kepara para pedagang. Penyebabnya adalah semua pengrajin ikan asin khususnya di Belawan tak mempunyai pasokan ikan asin setelah naiknya harga garam.

Kelangkaan ikan asin ini dapat ditelusuri di kawasan pasar tradisional Simpang Pompa Belawan, seputaran pasar tradisional Medan Labuhan, pasar tradisional Marelan, pasar tradisional Medan Deli serta pasar tradisional Palapa Pulo Brayan Kota.

Keseluruhan jenis ikan asin menjadi sangat tinggi harganya. Seperti jenis ikan asin lidah kalau pun ada dari Rp30 ribu per kilogramnya menjadi Rp70 ribu, ikan asin belah sisik dan ikan asin belah pisang serta ikan asin jenis lainnya kosong.