MEDAN-Harga kacang kedelai saat ini tengah stabil. Berdasarkan pantuan di beberapa pasar tradisional, harga kacang kedelai lokal berkisar di harga Rp10 ribu per kilo, sedangkan kacang kedelai impor berkisar di harga Rp13 ribu per kilo.

Berdasarkan pantuan dalam sebulan terakhir harga kacang kedelai stabil di angka Rp10-Rp13 ribu per kilonya di Medan. Untuk kacang kedelai lokal, harganya mulai Rp9-10 ribu per kilo, sedangkan untuk kacang kedelai impor Rp12-13 ribu per kilonya.

Harga kacang yang stabil ini berpengaruh kepada pedagang tahu dan tempe. Menurut pedagang tahu tempe di pasar tradisional Pringan Edi, jika harga kacang kedelai mengalami kenaikan otomatis juga akan menaikan harga tahu tempe. Ia menambahkan saat ini tahu tempe masih di harga normal.

“Saat ini harga tempe normal, ada yang Rp1000 ada yang Rp5000 per batang, tergantung besarnya. Kalau kedelai naik barulah tempe tahu ini naik harganya,” ujarnya.

Menurutnya, tahu tempe merupakan bahan pokok yang dapat dijangkau semua elemen masyarakat. Ia menambahkan sangat disayangkan apabila harga kacang kedelai naik akan mempengaruhi harga tahu dan tempe.

“Tahu tempe inikan bahan pokok yang dapat dibeli semua golongan masyarakat, dimana dengan harga murah dapat protein yang tinggi, jadi misalnya kacang kedelai naik pastilah harga tempe juga naik, jadi kasian masyarakat juga,” tutupnya.