MEDAN - Pelatih Timnas U-16 Fakhri Husaini memangil 3 pemain asal Sumut untuk mengikuti seleksi nasional di Jakarta pada 25 - 30 Maret nanti. Ketiga pemain Sumut ini nantinya akan bersaing dengan 52 pemain dari daerah lain untuk mengisi skuad Timnas U-16. Ketiga pemain itu antara lain, Maulana Permadi (PPLP Sumut) berposisi sebagai kiper, David Maulana (SSB PTP Wilayah I) berposisi gelandang, dan Yehezkiel Eliazer (SSB Sinar Sakti) berposisi pemain depan.

Tiga nama ini sejatinya sudah disebut Fachri dalam wawancara dengan wartawan di Medan beberapa waktu lalu. Kala itu dia terlihat kagum dengan kemampuan David Maulana yang bisa memainkan perannya sebagai gelandang dengan cukup baik. Selain itu juga ada Yehezkiel dan Maulana Permadi. 

"David punya kemampuan bagus sebagai gelandang. Dia bisa membagi peran kedua matanya untuk menguasai bola dan melihat permainan. Begitu juga dengan dua pemain lain. Mereka sudah mendegradasikan pemain dari derah lain," kata pelatih timnas U-16, Fachri kala itu.

Exco Asprov PSSI Sumut Bidang Pembinaan Usia Muda, Subagja Suihan, menyebutkan pemain Sumut sudah mendapat panggilan dan sudah bertolak dari Medan, Kamis (23/3/2017) pagi sekitar pukul 06.00.

"Mereka sudah membawa persyaratan seperti akte kelahiran asli, KK asli, semua Ijazah asli, dan perlengkapan bermain sepakbola," ujar Subagja.

Subagja yang juga Ketua Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLISPI) Pusat ini mengaku senang ada tiga pemain Sumut terpilih mengikuti seleksi tingkat nasional calon pemain Timnas U-16. Dia menilai ini awal yang bagus untuk pembinaan sepakbola usia muda di Sumut.

"Sebagai pengurus Asprov PSSI Sumut, tentu saya sangat senang, walau ini belum sesuai target. Tatget saya dari 12 pemain setidaknya ada empat orang ikut seleksi nasional. Namun tentu pelatih Fachry Husaini mempunyai pertimbangan lain, yaitu ada yang lebih baik dari anak-anak Sumut," ucapnya.

Harapan besar pun kini ada pada ketiga pemain tersebut.

"Semoga semuanya bisa mewakili Sumut untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16 di ajang AFF Cup, Piala Asia, dan meraih tiket tampil di Piala Dunia U-17 pada tahun 2018," ucap Subagja.

Seperti diketahui, tiga pemain Sumut yang dipanggil mengikuti Seleknas merupakan peserta seleksi tingkat Regional Sumatera di Stadion Mini USU, Jalan Dr Mansyur Medan, 14-16 Maret lalu. Seleksi ini diikuti 47 pemain dari lima provinsi di Sumatera.