Begini Cara Agar Tak Tertular Flu dari Anggota Keluarga

Begini Cara Agar Tak Tertular Flu dari Anggota Keluarga
ilustrasi
Kamis, 23 Maret 2017 06:36 WIB

JAKARTA - Flu merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah menular. Penularan virusnya pun mudah terjadi hanya dengan percikan ludah saat bersin melalui udara. Bahkan, virus ini pun bisa mancapai hampir dua meter.

Flu pun akan mudah menular jika ada anggota keluarga terserang penyakit ini. Agar tidak tertular flu, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini seperti dilansir dari Web MD.

1. Bersin dengan menutupi mulut

loading...
Saat bersin tutupi mulut dan hidung dengan tisu dan segera membuangnya. Jika tidak ada tisu, bersinlah dengan cara ditutupi ke arah siku. Cara ini pun mampu mencegah risiko tertular flu.

Ads
2. Rajin cuci tangan

Segeralah cuci tangan khususnya setelah memegang benda-benda yang telah dipegang seperti cangkir, piring, atau handuk. Pastikan juga tidak menyentuh area wajah meski baru selesai mencuci tangan. Sementara cuci tangan yang tepat bisa dilakukan dengan cara menggosok tangan, sela-sela jari, dan kuku. Menggosok tangan dengan kuat, bisa membantu mengusir kuman.

3. Sediakan ruangan khusus untuk penderita flu

Dokter spesialis penyakit menular, Ardis Dee Hoven menyarakan untuk menyediakan ruangan khusus bagi mereka yang menderita flu. Mereka bisa menempati ruangan tersebut sampai kondisi lebih baik. Pasalnya, benda-benda yang dipegang oleh penderita flu mengandung virus flu sampai delapan jam.

4. Menggunakan kamar mandi berbeda

Selain ruangan, sediakan juga kamar mandi khusus. Cara ini bertujuan untuk menghindari pertukaran bakteri. Apalagi bagi mereka yang menggunakan sikat gigi sama, tentu hal tersebut akan mudah tertular flu.

5. Jaga daya tahan tubuh

"Selalu jaga agar tidur cukup, nutrisi terjaga, tubuh terhidrasi, tidur cukup dan berolahraga," papar Hoven.(snd)

Editor:Arie RF
Sumber:sindonews.com
Kategori:Gonews Group
wwwwww