SAMOSIR-Dalam rangka memperingati hari air sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret, Yayasan Alusi Tao Toba dan Heart Indo menggelar edukasi jujur dan berani bersama KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) di Desa Pardomuan Kec Simanindo Kabupaten Samosir melalui kegiatan bertema 'Peduli Lingkungan = Anti Korupsi, Puisi di Atas Danau'.

Dalam kegiatan tersebut, hadir ketua KPK Saut Situmorang untuk memberikan edukasi soal keberanian dan kejujuran kepada para pelajar kelas 1-2 SD dari beberapa Sekolah Dasar yang ada di Samosir.

Kepada para anak-anak tersebut, KPK memberikan edukasi berupa cerita dan menonton serial animasi yang bercerita soal keberanian dan kejujuran. Diharapkan, edukasi ini dapat merubah mental dan pola pikir anak-anak dari usia dini. Selain itu, anak-anak Sekolah Dasar ini juga diajarkan soal kebersihan oleh Heart Indo, termasuk membuang sampah ke tempat sampah, gosok gigi dan mencuci tangan.

"Tugas KPK itu nggak hanya nangkapin orang saja. Tapi kita juga punya fungsi lain, termasuk memberikan edukasi anti korupsi kepada anak-anak sejak dini," ujar Saut Situmorang kepada awak media.

Selain kegiatan edukasi anti korupsi dan kebersihan lingkungan, kegiatan 'Peduli Lingkungan = Anti Korupsi, Puisi di Atas Danau' untuk memperingati hari air sedunia ini juga terdapat beberapa kegiatan lain seperti games, penampilan musik dari IPAC (Inspire Performing Arts Centre), aksi tor-tor dari PAUD Ceria, wall of commitment atau menandatangani spanduk bertuliskan 'Kami Berjanji untuk Menjaga Air Danau Toba' oleh seluruh lapisan masyarakat dan para undangan.

Kegiatan ini turut dihadiri Gubernur Sumur Tengku Erry Nuradi, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Taput Nikson Nababan, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjar Nahor, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Wakil Walikota Pematang Siantar Hefriansyah dan Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga.