MEDAN - Untuk keenam kalinya PT Agincourt Resources selaku pengelola Tambang Emas Martabe kembali berpartisipasi di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2017. PRSU berlangsung dari 17 Maret sampai 17 April 2017 di Tapian Daya, Jalan Gatot Subroto, Medan.

Kehadiran Tambang Emas Martabe dapat disaksikan pada dua lokasi pameran, yaitu di stan tenda No 36-37 dan di lantai dua Paviliun Kabupaten Tapanuli Selatan. Di kedua lokasi pameran, Tambang Emas Martabe secara konsisten menyediakan informasi tata kelola tambang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Juga ditampilkan berbagai wujud dampak substantial kehadiran tambang dalam menunjang pembangunan dan pengembangan daerah Tapanuli Selatan dan Sumatera Utara. Salah satunya dihadirkan lewat pameran aneka produk unggulan hasil kelompok tani, pemuda dan perempuan binaan program pengembangan masyarakat Tambang Emas Martabe, seperti jajanan keripik khas kreasi Bagasta, beras organik, jagung pipil, benih padi, dan kompos.

Video operasional Tambang Emas Martabe juga dapat pengunjung saksikan dalam videotron yang dipasang PT Agincourt Resources di depan Paviliun Kabupaten Tapsel sebagai dukungan bagi pemerintah kabupaten mempromosikan potensi dan peluang investasi daerah.

Presiden Direktur PT Agincourt Resources Tim Duffy, menyatakan bahwa partisipasi ini menunjukkan konsistensi dukungan Tambang Emas Martabe terhadap upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Tapsel untuk menggalakkan perluasan informasi yang tepat mengenai tata kelola tambang bertanggung jawab serta kontribusi positif kehadirannya.

"Informasi yang tepat dan kondusivitas iklim investasi diharapkan akan mendorong berkembangnya pemanfaatan peluang dan potensi usaha di bidang pengelolaan sumber daya alam di wilayah Sumatera Utara, seperti yang telah ditunjukkan dengan kehadiran Tambang Emas Martabe," tegas Tim Duffy dalam siaran persnya.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal Nasional tahun 2016 menunjukkan bahwa kehadiran Tambang Emas Martabe telah menyumbang Rp 0,9 triliun atau 52,9% dari realisasi investasi Tapsel. Tidak hanya itu saja, berbagai bukti hasil program pengembangan masyarakat yang sudah dinikmati oleh masyarakat sekitar tambang dapat disaksikan dengan jelas pada pameran kami tersebut.

Selain kontribusi di bidang ekonomi dan fiskal, menginjak tahun kelima masa operasional penuh, Tambang Emas Martabe telah menunjukkan kontribusi signifikan dalam menyediakan lapangan pekerjaan, merekrut dan melatih sumber daya manusia lokal muda terampil. Kemudian, meningkatkan kapasitas pemasok barang dan jasa lokal, memperkuat kualitas layanan kesehatan dan pendidikan,

memberikan pelatihan dan pendampingan pengembangan usaha kemasyarakatan serta membangun dan memperbaiki infrastruktur di 15 desa lingkar tambang secara berkelanjutan meningkatkan akses dan kualitas kehidupan masyarakat.

"Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa keberadaan Tambang Emas Martabe akan memberikan manfaat sosial positif jangka panjang bagi para pemangku kepentingan setempat hingga bertahun-tahun ke depan," jelasnya.