Home > Berita > Umum

Gerakan 1000 Startup akan Gelar Seminar di USU

Gerakan 1000 Startup akan Gelar Seminar di USU
Rabu, 22 Maret 2017 21:50 WIB
Penulis: Kamal
MEDAN - Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang merupakan sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.Sekaitan dengan hal itu, dalam waktu dekat, 1000 startup akan memulai tahapan pertama yang disebut dengan Igntion di Kota Medan. Sesuai rencana, kegiatan di Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini akan dipusatkan di Aula Farmasi, Universitas Sumatera Utara (USU) pada Sabtu (25/3/2017). 

Demikian dikatakan Rizky Kurniawan, staf Humas KIBAR yang didampingi perwakilan Tech Valley (Ecosystem Startup Medan), Clapham Collective (tempat inkubasi startup Medan untuk Program Gerakan Nasional 1000 Startup), Edy Tan (Co-Founder & Co-Head Medan Tech Valley) dan Chris Angkasa (Founder of Clapham Collective) dalam jumpa pers di Istana Krakatau, Jalan Timor Medan seperti dihimpun GoSumut, Rabu (22/3/2017). 

Rizky menerangkan, gerakan ini sendiri diinisiasi oleh KIBAR dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 

Ads
"Gerakan ini diinisiasi oleh KIBAR selaku sebuah perusahaan yang bertujuan membangun ekosistem teknologi di Indonesia melalui inisiatif-inisiatif pembangunan kapasitas, mentoring, dan inkubasi di berbagai kota di Indonesia," terangnya. 

Ia menuturkan, Medan merupakan kota ke-10 yang merupakan tempat sosialisasi gerakan 1000 startup ini. 

"Setelah menyambangi Pontianak akhir pekan lalu, kita akan kembali menggelar kegiatan serupa, "dari kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan entrepreanur muda berbakat," tuturnya. 

Sebagaimana diketahui, Ignition adalah sesi seminar yang bertujuan untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship bagi mereka yang mau memberikan solusi atas berbagai masalah yang dihadapi banyak orang. Bagaimana berkolaborasi, melihat masalah sebagai peluang, serta membangun ide menjadi bisnis. Bentuk kegiatannya berupa seminar dengan menghadirkan beberapa pembicara yang sudah mumpuni di bidang teknologi, kreatif, maupun startup.  

KIRAB yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia memilih Kota Medan sebagai salah satu tuan rumah Gerakan Nasional 1000 Startup Digital karena memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara yang meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini ditunjang dengan jumlah usia produktif yang mencapai 50 persen.  

Begitu juga dengan banyaknya wirausahawan muda yang mulai bermunculan menjadikan kota ini sebagai tuan rumah. Selain itu, Kota Medan juga memiliki institusi pendidikan yang dapat menghasilkan calon-calon wirausaha muda berkualitas.
Editor:Fatih
Kategori:Umum, Peristiwa, Pendidikan, Medan, Sumatera Utara
wwwwww