BINJAI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Binjai menjembatani Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Binjai untuk menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemko).

Untuk membuat MoU atau kerja sama itu, DPRD Binjai menggelar pertemuan dengan pihak Lapas, Dinas Perumahan dan pemukiman, Dinas Kesehatan, RSU dr Djoelham, serta Dinas PU di ruang rapat utama gedung dewan, Jalan Veteran, Kecamatan Binjai Kota.

Pertemuan yang dipimpun langsung Ketua DPRD Binjai, Zainuddin Purba SH itu membahas tentang kesehatan narapidana atau warga binaan, fasilitas seperti drainase, sound systems rumah ibadah dan CCTV.

Pada kesempatan itu, pihak Lapas meminta warga binaan agar ditampung di RSU dr Djoelham saat membutuhkan perawatan medis. Sebab menurut mereka, penanganan kesehatan bagi warga binaan terkendala biaya. Terlebih warga binaan yang bukan warga Binjai dan tidak tertampung dalam BJPS.

Selain persoalan kesehatan, pihak Lapas Binjai juga berharap agar Pemko Binjai membantu pembangunan maupun perbaikan drainase. Dimana selama ini drainase Lapas tidak memiliki pembuangan, sehingga menimbulkan aroma tidak sedap di bagian depan gedung. Pihak lapas juga berharap agar Pemkot Binjai membantu CCTV dan sound systems untuk rumah ibadah.

Menyikapi hal tersebut, M Yusuf yang akrab disapa Ucuk Aang dari Fraksi Golkar, menegaskan permohonan yang disampaikan pihak Lapas harus dikaji lebih lanjut. Sebab menurutnya, hibah yang nantinya diberikan Pemko Binjai dapat menjadi temuan oleh BPK.

“Karena sama-sama kita ketahui, bahwa Lapas memiliki anggaran tersendiri dari kementerian. Jangan sampai pembangunan fisik yang kita lakukan dengan APBD ternyata sudah masuk dalam rencana kerja kementerian. Sehingga anggaranya tumpang tindih dan inilah yang nantinya menjadi temuan,” pungkasnya.

Untuk MoU kesehatan, lanjut Ucok Aang, dirinya mengaku sangat setuju. Sebab, warga binaan juga butuh pelayanan kesehatan. “Intinya permohonan Lapas kita tampung. Tapi untuk pembangunan fisik harus kita lihat lebih jelas, jangan nanti kita menabrak rambu-rambu yang ada,” sebutnya.

Pembahasan terus berlanjut, berbagai saran dan masukkan terus mengalir di ruang rapat. Seperti Kadis Perumahan dan Pemukiman, Irwansyah, menyarankan agar Lapas menyurati Pemkot terkait permohonan sound systems dan CCTV.

Diakhir pertemuan, Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba, mengaku akan mengundang Sekda, Kadis Kesehatan, Dirut RSU dr Djoelham, dan BPJS untuk membahas lebih lanjut terkait MoU pelayanan kesehatan terhadap warga binaan. “Kalau tidak ada halangan, Jumat minggu ini kita lanjut pertemuannya,” kata Zainuddin Purba.

Usai pertemuan, Kabid Pengairan PU Binjai, Ahmad Hariansyah Siregar, ST yang akrab disapa Boy, menegaskan pihaknya akan turun besok untuk menindak lanjuti perbaikan drainase yang dimohonkan Lapas Klas II A Binjai tersebut.