Home > Berita > Umum

Mata Uang Asing Katanya Digunakan di Pulau Tello

Mata Uang Asing Katanya Digunakan di Pulau Tello
Pulau Tello
Minggu, 19 Maret 2017 15:38 WIB

SIBOLGA - Masyarakat menaruh harapan besar adanya pembukaan kantor bank di Pulau Tello. Apalagi Bank BRI pernah melakukan survei rencana pembukaan kantor bank di Pulau Tello sebelumnya.

Sayangnya, rencana tersebut terus mengalami penundaan. Rencana terakhir pembukaan kantor bank pada Juli 2016, namun hingga sekarang belum terlaksana.

"Potensi ekonomi, khususnya kegiatan pariwisata serta pendalaman mengenai penggunaan mata uang rupiah dalam transaksi bisnis. Tiga resort pada tiga pulau berbeda menjadi sampel yaitu, Resort Tello 101 di Pulau Sifika, Tello Island Logde Resort di Pulau Sibaranun dan Latitude Zero Resort di Pulau Simaleke," bebernya.

Tello 101 Resort merupkan satu-satunya resort yang membuka akses terhadap kunjungan wisatawan lokal untuk sekadar berwisata di pantai Pulau Sifika. Bagi tamu wisatawan asing yang hendak menginap, terlebih dahulu melakukan transaksi pembayaran setelah reservasi via website atau email.

Ads
Dengan demikian, tidak ada lagi transaksi pembayaran di lokasi resort. Tidak ada alat pembayaran yang digunakan di resort, karena semua kebutuhan telah dipenuhi pengelola dan sudah termasuk dalam paket menginap.

"Biaya menginap sekitar AUD 350/malam untuk paket menginap selama 10 hari yang dibayar melalui transfer ke rekening pengelola. Seluruh tamu warga negara asing sebagian besar berasal dari Australia, tujuan utamanya untuk berselancar dan memancing," katanya.

Jalur kedatangan wisatawan adalah dari Padang, dengan penjemputan kapal milik Tello 101 Resort dengan perjalanan laut sekitar 17 jam. Alasan penjemputan dari Padang adalah relatif tidak adanya pungutan liar di Padang dibandingkan jalur Bandara Kualanamu di Medan-Nias-Pulau Tello.

"Kapal tersebut juga dimanfaatkan untuk mengangkut kebutuhan logistik dan bahan makanan yang diperoleh dari Padang," pungkasnya.

Latitude Zero Resort yang mulai beroperasi tahun 2007, adalah resort dengan fasilitas dan bangunan fisik yang paling baik dibanding resort lainnya. Mayoritas tamu wisatawan berasal dari Australia dengan tujuan utama untuk berselancar, memancing, dan menyelam.

Jalur kedatangan wisatawan yaitu dari Padang melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat charter menuju Bandara Lasondre di ujung utara Pulau Tanah Masa. Pembayaran dan informasi tarif paket menginap dalam mata uang AUD. Kebutuhan logistik dan bahan makanan diperoleh dari Pulau Tello dan Sibolga.

Editor:Wewen
Sumber:medanbisnis
Kategori:Umum, Pemerintahan, Gonews Group, Sibolga
wwwwww