SEBANYAK 15 pimpinan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalimantan Selatan mengunjungi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Jumat (17/3/2017).

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan ULM, H Ilham Anwar dan disambut Wakil Rektor II Unsyiah, Prof Husni, beragendakan untuk mempelajari sistem tata kelola sumber daya manusia (SDM) dan keuangan Unsyiah.

Sebab, kata Ilham, mereka menilai universitas ini sangat berprestasi. Makanya, kunjungan ini bertujuan untuk melihat kemajuan dan perkembangan yang telah dilakukan Unsyiah, khususnya di bidang pengelolaan kepegawaian dan keuangan universitas.

“Unsyiah meraih prestasi besar dari akreditasi C ke A. Ini merupakan kemampuan besar dan semoga kami dapat menirunya,” harapnya.

Sementara itu, Prof Husni menyambut baik kedatangan tim ULM dan berharap kunjungan ini dapat saling membawa manfaat bagi kedua universitas.

“Unsyiah senang jika hasil kerja keras tim Unsyiah selama ini dapat membawa manfaat bagi univeristas lain,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (UPT TIK) Unsyiah, Taufik Fuadi Abidin memaparkan sistem paperless office (PLO). PLO berupa sistem pendataan surat digital yang dapat diakses seluruh civitas akademika.

Selain itu, Kepala Sub Bagian Pendidik Unsyiah, Sukirman memaparkan sistem kepegawaian yang telah diterapkan sejak tahun 2001, seperti sistem dosen wali secara online dan juga sistem keuangan. Kesemua sistem ini telah diterapkan oleh Unsyiah guna memudahkan proses pekerjaan.

Sedangkan Kepala Sub Bagian Anggaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Mairina menjelaskan, tentang tata kelola keuangan Unsyiah, khususnya yang berhubungan dengan PNBP.

Dalam kunjungan tersebut, turut dihadiri Kepala Biro Umum dan Keuangan Unsyiah, TM Daudsyah beserta civitas akademika Unsyiah lainnya.