REKTOR Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof Samsul Rizal melantik tiga dekan baru periode 2017-2021 di gedung AAC Dayan Dawood, Kamis (16/3/2017).

Adapun yang dilantik ini antara lain Dekan Fakultas Hukum, Prof Ilyas menggantikan Prof Faisal, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Prof Nasir menggantikan Mirza. Sedangkan Mirza dipercayakan sebagai Kepala Unit Pengembangan Bisnis Unsyiah yang dibentuk sebagai persiapan Unsyiah menuju Badan Layanan Umum (BLU) Perguruan Tinggi. Sedangkan Djufri diangkat kembali sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Rektor Unsyiah dalam sambutannya berharap, agar pejabat baru ini mampu bekerja secara profesional untuk memajukan Unsyiah. Terlebih lagi usia Unsyiah telah melewati setengah abad. Maka perlu adanya kerja sama yang kuat untuk membangun universitas, terutama dalam peningkatan nilai akreditasi program studi.

“Para dekan baru juga harus mencatat setiap prestasi yang diraih mahasiswa dan penelitian yang dilakukan para dosen,” tegasnya.

Menurutnya, saat ini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menilai Unsyiah telah meraih nilai sempurna untuk kategori akademik dan sumber daya manusia (SDM). Akan tetapi, Kemristekdikti masih rendah pada kategori kemahasiswaan dan penelitian.

“Padahal penelitian dan kegiatan mahasiswa kita sangat banyak, namun belum terdata dengan cukup baik. Jadi saya mengimbau kepada dekan baru untuk mencatat semua prestasi dan penelitian agar ranking Unsyiah menjadi lebih baik,” ujarnya.

Prof Samsul juga mengingatkan kepada para dekan bahwa tantangan Unsyiah ke depan semakin besar. Hal tersebut disebabkan program sarjana, pascasarjana, dan doktoral telah bergabung di bawah pengelolaan fakultas yang dulunya dikelola oleh Program Pascasarjana Unsyiah.

“Ini membutuhkan pengelolaan dan konsentrasi yang lebih besar dalam bekerja karena tantangan ke depan semakin berat,” pungkasnya.

Pelantikan ini turut dihadiri para dekan dari berbagai fakultas, Guru Besar, para dosen, dan civitas akademika Unsyiah lainnya. /rel