APAKAH kamu memiliki kebiasaan bermain smartphone di malam hari sebelum tidur? Mungkin sebagian besar dari kalian melakukan ini. Mulai dari berselancar di Instagram, Facebook, Twitter, email, dan lain sebagainya. Dan biasanya, hal ini berlangsung lama hingga tengah malam.

Maka berhati-hatilah, karena hal tersebut dapat membuat berbagai hal buruk terjadi. Kamu mungkin tidak menyadari, tapi efek jangka panjang yang ditimbulkan dari kebiasaan itu cukup mengerikan. Sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan tersebut.

Efek yang ditimbulkan tidak main-main, lho! Mulai dari kerusakan retina, sampai merusak penglihatan. Selebihnya silakan simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Kerusakan Retina

Cahaya terang yang dipancarkan oleh ponsel atau smartphone, terlebih pada perangkat yang memiliki gelombang pendek dapat sangat berbahaya. Belum lagi yang jering berkedip-kedip, ini malah berbahaya!

Bahaya yang ditimbulkan pun tak main-main, yakni mempengaruhi kinerja dalam jangka waktu yang panjang, bahkan dapat mengakibatkan kerusakan retina. Waduh!

2. Menggangu Waktu Tidur Sehat

Sekali lagi, cahaya terang yang dipancarkan oleh smartphone dapat mempengaruhi produksi melatonin. Bagi yang belum tahu, melatonin merupakan salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur.

Terbiasa menggunakan atau memainkan handphone di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan kurang tidur dan masalah kesehatan lain seperti depresi juga, lho!

3. Meningkatkan Risiko Kanker

Lagi-lagi yang diserang adalah hormon melatonin seperti poin sebelumnya. Selain bekerja sebagai pengatur siklus tidur, melatonin juga merupakan hormon penting yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang membantu tubuh untuk melawan kanker.

Kanker? Ya, terutama kanker yang berhubungan dengan payudara dan juga kanker prostat. Hhmm... ngeri juga, kan?

4. Menyerang Otak

Ketika seseorang sudah mulai terganggu tidurnya gara-gara pengaruh penggunaan handphone di malam hari, hal ini dapat secara langsung menyerang otak. Tidak hanya itu, bagian otak yang diserang bahkan tepat pada daya memori juga!

Bahkan ketika seseorang kurang tidur, hal tersebut dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan aliran darah di otak.

5. Ketegangan Mata

Ketika ruangan gelap, dan kamu hanya memiliki cahaya satu-satunya dari layar smartphone yang kamu pegang maka itu dapat langsung 'menusuk' ke mata. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan pada dan sakit karena harus menerima serangan spartan dari cahaya langsung di depannya.

Jika hal ini terus terjadi dalam jangka waktu yang lama, secara permanen juga dapat menyebabkan kerusakan penglihatan juga.(mdk)