Genset Garuda Indonesia Terbakar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Genset Garuda Indonesia Terbakar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta
Genset di Terminal 3 terbakar di parkiran Garuda Indonesia (foto: Liputan6.com/Istimewa)
Rabu, 15 Maret 2017 12:34 WIB

JAKARTA - Sebuah genset atau ground power unit terbakar di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Selasa malam. Api dengan cepat membesar dan berdampak pada pesawat yang terparkir di dekatnya.

Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S Butarbutar membenarkan peristiwa yang terjadi semalam, sekitar pukul 23.27 WIB tersebut.

Menurut Benny, genset terbakar di parkiran pesawat Garuda Indonesia A330-300 rute Jakarta-Singapura.

"Saat petugas teknik perawatan pesawat hendak melakukan pengisian tenaga listrik dari GPU di darat ke unit power listrik di pesawat GA yang malam itu sedang parkir," kata Benny dalam keterangan tertulis seperti dilansir Liputan6.com, Rabu (15/3/2017).

Ads
Tiba-tiba saja muncul kepulan asap dari mesin GPU dan diiringi dengan percikan api. Petugas teknisi dan petugas avsec dengan sigap mengambil alat pemadam kebakaran guna mencegah kebakaran semakin meluas.

"Sesuai standar safety, petugas juga memanggil unit mobil pemadam kebakaran untuk mencegah meluasnya kejadian tersebut," ujar Benny.

Api dapat dipadamkan dengan cepat, kurang dari sepuluh menit yaitu pada pukul 23.38 WIB. "Seluruh percikan api berhasil dipadamkan secara permanen," kata Benny.

Benny menambahkan, sesuai dengan prosedur safety yang berlaku, pesawat yang terkena kepulan asap segera ditarik ke hanggar GMF untuk dilakukan proses pengecekan pesawat menyeluruh, baik di badan pesawat hingga mesin pesawat.

"Sedangkan badan pesawat setelahnya langsung menjalani proses washing di hanggar GMF," tutur Benny.

Sementara itu, operasional pesawat yang terdampak terbakarnya GPU diganti dengan pesawat cadangan dengan jenis yang sama guna memastikan kelancaran penerbangan.

"Adapun pesawat pengganti melayani penerbangan rute Jakarta-Singapura dan sudah berangkat dengan on time Rabu, pukul 06.10 WIB tadi pagi," kata Benny.

Usai kejadian tersebut, Garuda Indoneisa langsung menghentikan penggunaan GPU sejenis sampai dengan proses investigasi selesai, sebagai langkah evaluasi perusahaan.(lpc)

Editor:Arie RF
Sumber:liputan6.com
Kategori:Gonews Group, Peristiwa
wwwwww