Program Air Connectivity Kemenpar Didukung Jawa barat

Program Air Connectivity Kemenpar Didukung Jawa barat
Istimewa.
Selasa, 14 Maret 2017 18:56 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Spirit Indonesia Incorporated yang disuarakan Menpar Arief Yahya ikut direspon Jawa Barat. Salah satu program prioritas Kemenpar di 2017, air connectivity, direspon dengan kesiapan membangun bandara yang akan terhubung dengan sejumlah destinasi wisata keren di Jawa Barat.

"Pariwisata itu punya prospek paling cerah. Karenanya program prioriasKemenpar harus didukung. Khusus air connectivity, kami siapkan BandaraCitarate, Bandara Nusawiru dan Bandara Kertajati,” terang Wakil Gubernur jawa Barat, Deddy Mizwar di sela Rakor III Sekolah Perguruan Tinggi Pariwisata se-Indonesia di Hotel Mercure, Senin (13/3).

Dari paparannya, Bandara Nusawiru hanya tinggal direnovasi saja. Saatini sedang dalam proses perpanjangan landasan pacu atau runway hinggamencapai 2200 meter. "Nusawiru akan dibantu pusat untuk perpanjanganrunway. Lahannya sudah siap tinggal menunggu pembangunan konstruksinya saja," ujar Deddy.

Setelah tuntas dibangun, Nusawiru nantinya bisa didarati pesawat jenis Air Bus. Akses menuju Green Canyon yang hanya terpaut 6 km, Pantai Batu Karas yang berjarak 12 km, dan Pananjung, Pangandaran yangterpaut 30 km dari Nusawiru langsung terbuka lebar. Panorama alam pantai di Jawa Barat yang disebut-sebut lebih bagus dari Bali juga bisa dengan cepat dikunjungi wisatawan.

Ads
Hal lain yang ikut disupport adalah akses menuju Geopark Ciletuh. Geopark di Kabupaten Sukabumi itu nantinya akan disambungkan dengan Bandara Citarate. “Ini sekaligus untuk memuluskan jalan Geopark Ciletuh masuk ke dalam jaringan geopark dunia atau Unesco Global Geopark,” ucap Deddy.

Ngototnya Jawa Barat membangun Bandara Citarate ini bukan tanpa sebab. Saat ini, Geopark Nasional Ciletuh menjadi wakil tunggal Indonesia yang diorbitkan masuk ke dalam Unesco Global Geopark (UGG) atau jaringan geopark dunia. Dua wakil lainnya, Geopark Rinjani dan Geopark Toba, gagal di tahap seleksi."Bandara Citarate ini akan menjadi gerbang masuk ke Geopark Ciletuh,” kata dia.

Satu bandara lainnya, adalah Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)yang sedang dibangun di Kertajati Majalengka. Ini diklaim sebagaiBandara daerah terluas di Indonesia dan menjadi Bandara kedua terbesarsetelah Bandara Soekarno Hatta di Kabupaten Tangerang.

"Luas Bandara Kertajati yaitu 1800 hektare. Ada juga lahan seluas 3200 hektarep yang digunakan untuk aero city. Ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk pengembangan wilayah dan pariwisata yang ada di Cirebon Raya," ungkap Deddy.

Bandara Kertajati ini dibangun untuk menggantikan fungsi dari BandaraHusein Sastranegara di Bandung. Bandara ini memiliki luas lahan 1.800 hektar dan akan dilengkapi dengan akses tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, juga akses kereta. Luas terminalnya mencapai 92.000 meter persegi yang bisa menampung 5-6 juta penumpang. Bila sudah beroperasi pada akhir 2017 atau awal 2018 nanti, runway Bendara Kertajati akan mengalahkan panjang runway Bandara Soekarno-Hatta yang berukuran 3.660 meter. Saat ini, untuk runway terpanjang di Indonesia dimiliki Bandara Hang Nadim (Batam) yaitu 4.025 meter.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi dukungan dari Pemprov Jawa barattadi. Air Connectivity atau akses udara tadi, diyakini Menpar Arief Yahya akan mampu memperbesar daya angkut penumpang menuju destinasi wisata. “Pak Wagub Deddy Mizwar sudah sangat paham pariwisata, dan tahu apa yang harus disupport buat pengembangan destinasi wisata. Air connectivity ini salah satu yang sangat krusial bersama amenitas. Saya senang, pelan-pelan hal itu sudah mulai dibenahi,” jelas Menpar Arief Yahya.

Dalam teori manapun, air connectivity atau jembatan udara memang sangat krusial. Sangat urgent untuk disentuh. Faktanya, 75% wisatawan masuk ke tanah air dengan airlines. Lalu 24% dengan penyeberangan, dan 1% di perbatasan. “Kecuali Batam dan Bintan yang ada Kepri, semuawisman masuk lewat udara. Langkahnya sudah tepat. Bangun bandara internasional, sentuh yang terbesar dulu untuk quick win,” katanya. ***
wwwwww