Pelatih Timnas U-16 Lirik 3 Pemain Sumut

Pelatih Timnas U-16 Lirik 3 Pemain Sumut
Fachri usai melaksanakan agenda seleksi hari kedua di Stadion Mini USU Medan
Selasa, 14 Maret 2017 15:03 WIB
Penulis: Uma

MEDAN - Setelah menjalani seleksi selama dua hari tepatnya 13-14 Maret, Pelatih Timnas U-16 Fachri Husaini akhirnya mengantongi 7 nama pemain Regional Sumatera untuk mengikuti seleksi lanjutan. Bahkan tiga di antaranya merupakan pemain asal Sumut.

"Dari 47 pemain Regional Sumatera yang tergabung dari 4 wilayah, yakni Sumut, Jambi, Sumbar dan Aceh ada 7 nama yang akan kita bawa seleksi berikutnya. Dan 3 di antaranya merupakan pemain Sumut," terang Fachri usai melaksanakan agenda seleksi hari kedua di Stadion Mini USU Medan, Selasa (14/3/2017).

"Jadi mereka yang lolos dari sejumlah daerah ini akan kita seleksi lagi dan akan kita umumkan pada 21 Maret, siapa saja yang berhak mewakili daerah masing-masing untuk ikut seleksi di Jakarta," sebut Fachri.

Masih menurut Fachri, sesuai rencana dirinya akan mengumpulkan 55 pemain gabungan hasil seleksi daerah dan penjaringan talent scouting liga pelajar nasional U-16 yang merupakan agenda Menpora untuk diseleksi dan dikerucutkan menjadi 30 pemain.

Ads
"Untuk 30 pemain yang lolos seleksi akhir, selanjutnya akan mengikuti Trainning Centre (TC) di lapangan Kopasus Cijantung, Jakarta," ujarnya.

Menurut Fachri dalam mencari komposisi yang tepat, tim pelatih melakukan penjaringan yang cukup ketat. Pasalnya, pria yang pernah menjabat Kapten Timnas Indonesia ini memiliki target bisa menjuarai AFF Cup serta lolos AFC untuk bisa mengikuti Piala Dunia U-17 mendatang.

Fachri sebelumnya juga menegaskan ada 4 aspek yang menjadi penilainnya untuk memutuskan apakah pemain tersebut layak untuk mengisi skuad yang diasuhnya itu.

"Selain fisik dan tehnik saya juga fokus terhadap taktik dan mental para pemain. Jadi dalam seleksi kali ini untuk segi fisik kita melihat sejauh mana kekuatan, kecepatan dan daya tahan pemain. Sementara untuk segi tehnik ada beberapa kriteria yang harus dimiliki seorang pemain, di antaranya passing, jugling dan crossing," ujarnya.

"Tapi yang terpenting itu passingnya.Karena pemain yang memiliki passing yang akurat menjadi kekuatan dalam satu tim, baik untuk menyerang ataupun bertahan." sambungya.

Sementara itu, Penanggungjawab seleksi, Fityan Hamdi mengaku puas dengan jalannya seleksi yang berjalan lancar tanpa hambatan. Dirinya pun memberikan apresiasi besar terhadap anak-anak Sumut yang menampilkan kemampuan terbaiknya.

"Berdasarkan hasil pantauan pelatih Pak Fachri bahwa ada tiga nama asal Sumut ini sangat membanggakan karena sesuai dengan taget awal kita. Kita berharap akan generasi Eggy Maulana dan Paulo Sitanggang untuk mewakili Sumut berkiprah di kancah nasional bola tanah air," tutur Fityan.

Editor:Wewen
Kategori:Sumatera Utara, Medan, Gonews Group, Olahraga
wwwwww