Home > Berita > Umum

Fachri Husaini Akui Pemain Sumut Memiliki Potensi

Fachri Husaini Akui Pemain Sumut Memiliki Potensi
Pelatih Timnas U-16, Fachri Husaini beri arahan kepada 47 pemain seleksi regional Sumatera di Stadion Mini USU Medan.
Senin, 13 Maret 2017 21:44 WIB
Penulis: Uma

MEDAN - Demi mencari pemain yang sesuai kriterianya, Pelatih Timnas U-16 Fachri Husaini langsung turun gunung ke sejumlah daerah. Salah satunya di Kota Medan. Berlokasi di Stadion Mini USU Medan, Fachri memantau langsung 47 pemain seleksi asprov PSSI dari empat daerah, yakni Sumatera Utara, Sumatera Utara, Jambi dan Aceh, Senin (13/2/2017).

"Mereka adalah 12 orang pemain asal Sumut, 11 pemain asal Aceh, 11 pemain asal Sumatera Barat (Sumbar) dan 13 pemain dari Jambi," terang Fachri.

Dalam kesempatan itu juga, Fachri menyebutkan ada 4 aspek yang menjadi penilainnya untuk memutuskan apakah pemain tersebut layak untuk mengisi skuad Timnas U-16.

"Selain fisik dan tehnik saya juga fokus terhadap taktik dan mental para pemain. Jadi dalam seleksi kali ini untuk segi fisik kita melihat sejauh mana kekuatan, kecepatan dan daya tahan pemain. Tadi dalam uji tanding yang kita terapkan menggunakan format waktu 25 menit, baru 10 menit ada pemain yang terlihat kelelhan dan mulai berjalan di lapangan. Ini menjadi cattatan bagi kita," terang mantan Kapten Timnas Indonesia ini.

Ads
Sementara untuk segi tehnik sambung Fachri, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki seorang pemain, di antaranya passing, jugling dan crossing.

"Tapi yang terpenting itu passingnya.Karena pemain yang memiliki passing yang akurat menjadi kekuatan dalam satu tim, baik untuk menyerang ataupun bertahan," ungkap pria berkumis ini.

Fachri juga tak menampik jika dalam proses penjaringan itu ada sejumlah nama potensial asal Sumatera yang dianggap layak untuk mengikuti sleksi selanjutnya di Jakarta.

"Ada beberapa nama dari Sumut yang memiliki potensi bagus dan berpeluang kita bawa untuk seleksi selanjutnya," sebut Fachri.

Pemain hasil seleksi di Kota Medan nantinya akan bersaing dengan beberapa daerah lain termasuk Jakarta, Yogyakarta dan tim liga pelajar Indonesia U-16 besutan Kementeriam Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Dari seleksi di Medan ini, nantinya akan kami gabung dengan pemain hasil seleksi dari daerah lain. Sebanyak 55 pemain nantinya akan bersaing mengisi posisi timnas, yakni antara 25 hingga pemain," ucapnya.

Fachri menyebutkan, seleksi nasional tersebut akan digelar 23 hingga 29 Maret mendatang. Tim tersebut nantinya akan mengikuti Piala AFF U-16 di Thailand.

Penanggungjawab seleksi, Fityan Hamdi, berharap, Sumut bisa memberikam talenta-talenta pemain terbaiknya dalam kompetisi tersebut. "Soal Sumut sebagai tuam rumah seleksi, tentunya menjadi penilaian tersendiri bagi PSSI. Untuk itu harapan kami, sebanyak-banyaknya Sumut bisa menyumbangkan pemainnya untuk timnas," kata dia.

Editor:Fatih
Kategori:Umum, Peristiwa, Olahraga, Medan
wwwwww