Pemberlakuan PPnBM Tak Pengaruhi Pasar Properti Mewah

Pemberlakuan PPnBM Tak Pengaruhi Pasar Properti Mewah
Ilustrasi
Sabtu, 11 Maret 2017 10:45 WIB

MEDAN - Pemberlakuan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) terhadap properti mewah seperti apartemen dan kondominium diprediksi tidak akan memengaruhi pasar properti di segmen itu.

Pasalnya, pasar properti menengah ke atas memiliki pasar yang lebih selektif dan terbatas.

Demikian dikatakan pengusaha properti nasional asal Sumut Tomi Wistan menanggapi mulai diberlakukannya pengenaan PPnBM, seiring dengan ditandatanginya beleid Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 35/PMK.010/2017 tentang Jenis Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Selain Kendaraan Bermotor Yang dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

Seperti diketahui, hunian mewah seperti apartemen dan kondominium di Sumatra Utara, khususnya Kota Medan, dalam beberapa tahun belakangan ini terus menunjukkan gairahnya.

Ads
Ini dapat dilihat dari pembangunan properti sekelas apartemen dan kondominium yang sedang berjalan dan beberapa di antaranya sudah berdiri.

Namun, pemberlakuan beleid itu tidak akan menggoyang pasar properti mewah di Medan yang sudah berjalan karena pasarnya sudah jelas terbatas untuk kalangan tertentu, yang kondisi perekonomiannya tidak akan terpengaruh pajak pembelian sebesar 20%.

Editor:Wewen
Sumber:metro24.co
Kategori:Ekonomi, Gonews Group, Medan, Sumatera Utara
wwwwww