JAKARTA - Dengan populasi lebih dari 250 juta, Indonesia adalah negara yang memiliki pasar sangat potensial khususnya bagi industri smartphone. Banyak brand yang terpikat untuk memasarkan produknya di Indonesia. Yang menarik, ada smartphone baru yang merupakan hasil kolaborasi tiga brand besar.

Smartphone yang kabarnya akan diberi nama Genpro X ini memadukan antara kinerja, desain, dan fungsionalitas dengan harga terjangkau yang merupakan hasil dari kerjasama erat tiga brand yang kuat di bidangnya, yaitu teknologi, smartphone dan e-commerce. Kombinasi unik tersebut membuat smartphone ini digadang-gadang bakal laris di pasaran. Apalagi menyasar pasar yang sangat besar saat ini yaitu kelas menengah.

Mewakili sektor teknologi adalah Qualcomm yang telah dikenal reputasinya sebagai produsen prosesor perangkat mobile terkemuka di dunia. Qualcomm telah berkiprah di industri TI lebih dari 30 tahun dan menjadi pemimpin pasar dengan lebih dari tujuh miliar chip yang dikirimkan kepada mitra OEM secara global.

Chipset besutan Qualcomm dikenal memiliki kualitas paling handal dengan performa tinggi, namun tetap efisien dalam konsumsi daya. Pada Genpro X, Qualcomm memiliki peran sentral dalam memasok teknologi chipset Snapdragon dengan prosesor berkecepatan 1.3 Ghz yang merupakan jantung dalam sebuah smartphone. Kehandalan arsitektur chipset Snapdragon menjadikan ponsel ini memiliki kinerja yang semakin cepat, namun tetap dengan harga terjangkau.

Di balik pembuatan smartphone Genpro X, terdapat PT Evercoss Teknologi Indonesia yang merupakan produsen smartphone terkemuka asli Indonesia. Kualitas produk yang bagus dengan harga terjangkau membuat Evercoss tampil menjadi vendor ponsel papan atas di Indonesia, bersaing kuat dengan berbagai brand besar global lainnya yang memasarkan perangkatnya di Tanah Air.

Informasi yang didapat bahwa smartphone handal ini dengan konfigurasi RAM 2GB dan ROM 16GB yang berpadu dengan prosesor Snapdragon 1,3 Ghz dari Qualcomm untuk memastikan kinerja handal. Untuk memuaskan penggunanya dengan tampilan memukai, Genpro X bakal dibekali layar IPS berukuran 5 inchi dengan kulitas HD 720p. Pengguna akan menikmati sajian konten multimedia baik foto, video, maupun game dengan lebih nyaman. Menawarkan tampilan yang tajam, cerah dan warna natural.

Tak hanya itu, ponsel ini juga mengadopsi teknologi fingerprint scanner yang menawarkan keamanan tingkat tinggi, sekaligus kenyamanan penggunaan. Anda tinggal menempelkan jari pada tombol fingerprint, maka layar yang terkunci akan langsung terbuka.

Peran penting lainnya yang menjadi pendukung kuat kesuksesan smartphone ini adalah di sektor e-commerce. Belanja online saat ini sudah menjadi trend baru di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Kemudahan yang dirasakan saat belanja online membuat konsumen tidak perlu lagi repot untuk belanja semua barang yang dibutuhkan ke toko offline, termasuk untuk kebutuhan membeli smartphone. Di sinilah peran Lazada yang telah dikenal sebagai perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia dengan berbagai inovasinya yang telah mempelopori tren belanja online.

Untuk diketahui, Lazada merupakan pelopor Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang diadakan setiap tanggal 12 Desember atau 1212 dengan menggaet beberapa toko online di Indonesia. Selain itu, Lazada juga mempelopori tren flash sale yang sekarang dipakai banyak pelaku e-commerce. Flash sale adalah sistem penjualan yang dilakukan secara online pada waktu yang dibatasi dengan stok yang juga terbatas. Terkait dengan Genpro X, smartphone ini akan tersedia secara ekslusif di Lazada dengan berbagai penawaran menariknya.

''X pada Genpro X berarti extreme. Ekstrim karena smartphone ini memiliki spesifikasi tinggi namun dijual dengan harga hanya satu jutaan. Padahal seharusnya jika menilik dari kemampuan yang ditawarkan, harganya di kisaran Rp1,5 jutaaan,'' ujar Suryadi William, Marcom PT Evercoss Teknologi Indonesia.

Oleh karena itu, Suryadi optimis smartphone ini akan laris manis di pasaran. Apalagi didukung tiga brand besar di Indonesia yang berkomitmen untuk menyukseskan Genpro X. ''Penasaran seperti apa kecanggihan yang ditawarkan smartphone ini? Kabar gembiranya dalam waktu dekat di bulan ini akan segera diluncurkan,'' pungkasnya. ***