MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi mengharapkan, sebagai institusi pusat pengembangan ilmu keislaman multi disipliner yang unggul dan kompetitif, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dapat lebih meningkatkan peran dan kiprahnya dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Jadikanlah UMSU sebagai Kawah Candradimuka. 60 tahun, usia yang sangat matang menjadi sosok yang kuat, terlatih dan tangkas. UMSU diharapkan terus mengembangkan potensi sumber daya manusia Indonesia berbasis inovasi dan kreativitas agar dapat bersaing dengan negara lain," pinta Erry saat menghadiri Milad ke-60 UMSU di kampus UMSU Jalan Muchtar Basri Medan.

Hadir disitu Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Wakil Wali Kota Pematang Siantar Hefriansyah, mewakili Danlantamal, anggota Komisi Yudisial Farid Wajdi, Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Dian Armanto, Koordinator Kopertais Wilayah IX, Ketua PW Aisyiyah Sumut Elinita, Ketua MUI Medan Prof HM Hatta, sejumlah rektor PTN/PTS, para cendikiawan, alim ulama, tokoh masyarakat, civitas akademika UMSU dan undangan.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry menyebutkan usai 60 tahun UMSU merupakan usia yang cukup matang. Oleh karenanya segenap civitas akademika UMSU hendaknya semakin kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi muda dengan mengembangkan kegiatan yang memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan bangsa.

Selain itu, UMSU harus mampu melahirkan generasi muda yang akan menjadi pemimpin yang responsif dimana mampu menyelesaikan persoalan - persoalan dengan baik. “Segenap civitas akademika UMSU dapat melahirkan gagasan, ide, kreativitas dan menemukan jalan penyelesaian permasalahan bangsa dan negara serta mendesain masa depan Indonesia,’’ ucap Gubsu.

Disamping itu implementasi riil Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat dijadikan bekal dan best practices para mahasiswa dalam menjalani hidup dan kehidupan di masa mendatang. 
"Selamat Milad kepada segenap civitas akademika dan semoga kedepannya UMSU tetap menjadi institusi yang unggul, cerdas dan terpercaya,’’ tandas Gubsu.

Sementara, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir berharap UMSU dijadikan sebagai pusat keunggulan dan contoh terbaik di Sumut dengan terus meningkatkan usaha pembinaan karakter anak bangsa dapat terwujud.

Sedangkan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sumut Hasyimsyah Nasution menyebutkan, jangan jadikan UMSU hanya sebagai akademis tetapi sebagai amal usaha sehingga semua yang dilakukan tidak terpisah dari dakwah.

Dalam ucapan selamat datangnya, Rektor UMSU Agussani menyampaikan, dengan motto cerdas, unggul dan terpercaya terus berusaha meningkatkan program-program dalam peningkatan pendidikan generasi penerus bangsa.