Home > Berita > Umum

Dinsos Palas Simulasikan Mobil Dapur Lapangan

Dinsos Palas Simulasikan Mobil Dapur Lapangan
Kasi Perlindungan Korban Bencana Paruhum Zacksen memantau jalannya pengoperasian mobil dapur lapangan.
Kamis, 09 Maret 2017 19:00 WIB
Penulis: Sufriady Halomoan

PADANG LAWAS - Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas (Palas) mensimulasikan penggunaan mobil dapur lapangan dari Kementerian Sosial RI di halaman kantor Dinsos Palas, Kamis (9/3/2017).

Mobil dapur lapangan yang dipergunakan itu merupakan aspirasi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) asal Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut 2, Saleh Partaonan Daulay pada tahun 2015 yang lalu.

Kepala Dinas Sosial Palas, Bustami Harahap melalui Kabid Linjamsos, Darwin Hasibuan didampingi Kasi Perlindungan Korban Bencana, Paruhum Zacksen mengatakan, kegiatan simulasi bertujuan untuk menngecek kondisi semua peralatan yang ada di mobil dapur lapangan.

"(Simulasi ini bertujuan) untuk memberikan pemahaman dan ilmu pengetahuan kepada petugas mobil dapur lapangan, termasuk tentang tata cara pengoperasian seluruh peralatan yang sudah disiapkan di dalam mobil,” ungkapnya.

Ads
Setelah dicek, kata Zacksen, semua peralatan keperluan memasak dalam keadaan bagus, dan siap untuk di-stanby-kan apabila dibutuhkan pada saat terjadi bencana.

Dalam hal ini, jelasnya, mereka sudah memersiapkan sebanyak 6 petugas untuk pengoperasian mobil. Diantaranya, empat petugas sebagai juru masak, dan dua petugas lainnya sebagai pengoperasian mobil.

“Sewaktu simulasi, kita mencoba memasak mie instan sebanyak satu kardus, dan nasi sebanyak 10 kilogram. Hasil masakannya sangat memuaskan, dan diyakini bisa sebagai perlengkapan memasak ketika ada bencana,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya menginfromasikan apabila ada bencana, seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan mobil dapur lapangan ini cukup menghubungi Nomor Handphone 081370272000 atas nama Paruhum Zacksen, maka mobil ini siap diterjunkan ke lapangan.

“Sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat, direncanakan pada pelaksanaan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQN) tingkat Kabupaten Palas di Kecamatan Huristak, mobil dapur lapangan akan dioperasikan,” terangnya menutup.

wwwwww