KP USU Sediakan Layanan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat

KP USU Sediakan Layanan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat
Fakultas Kedokteran USU melibatkan Koperasi Pengembangan (KP) USU memberikan kesehatan gratis bagi masyarakat,
Rabu, 08 Maret 2017 11:28 WIB

MEDAN - Fakultas Kedokteran USU melibatkan Koperasi Pengembangan (KP) USU memberikan kesehatan gratis bagi masyarakat.

Pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan tim medis Fakultas Kedokteran USU berupa cek tensi, kolestrol, gula darah dan asam urat serta konsultasi dengan dokter secara langsung.

dr Hasanul Arifin, perwakilan tim medis dari Fakultas Kedokteran USU mengatakan, sebanyak 6 orang tenaga medis yang terdiri dari 3 orang dokter dan 3 mahasiswa disiapkan dan dilibatkan dalam pengobatan gratis.

"Pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pengecekan tensi, kolestrol, gula darah dan asam urat serta konsultasi masalah-masalah kesehatan yang dialami masyarakat," ucap dr Hasanul.

Ads
Ia pun mengimbau masyarakat agar selalu memeriksakan kesehatannya secara rutin di Puskesmas maupun di pusat pelayanan kesehatan.

"Penting untuk memeriksakan kesehatan. Apalagi bagi masyarakat yang usianya telah beranjak di atas 40 tahun, karena beresiko terkena stroke," ungkapnya.
Pemeriksaan gratis ini, lanjut dr Hasanul, dilakukan berkala, tempatnya pun berpindah-pindah. Ia bercerita, pihaknya melakukan kegiatan cek kesehatan grati di seluruh daerah Sumut.

Seperti, saat merayakan ulang tahun Pemkab Marina baru-baru ini. Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkab Mandailing Natal dan masyarakat umum pun menyerbu stand Pengobatan Kesehatan Gratis yang dibuka Fakultas Kedokteran USU dalam peringatan hari jadi Pemkab Madina ke 18 tahun. dr Hasanul mengingatkan pada masyarakat, agar menghindari penyakit stroke.

"Stroke kini menjadi pembunuh manusia yang cukup menakutkan. Penyakit ini menyerang otak manusia yang kemudian menjalar ke bagian syaraf, yang dapat menyebabkan tidak berfungsinya saraf-saraf motorik," ucapnya.

Dikatakannya, penyakit stroke disebabkan diabetes, rokok, konsumsi makan-makanan yang mengandung kolestrol tinggi, seperti daging-dagingan, makanan instans, seafood maupun buah durian yang dikonsumsi secara berlebihan.

"Untuk menghindarinya terserang stroke, maka periksalah kesehatan secara rutin ke dokter. Salah satunya melalui pusat pengobatan gratis yang disediakan Fakultas Kedokteran USU bekerjasama dengan KP USU dan Asian Agri, masyarakat dapat mencegah penyakit yang membahayakan jiwa manusia secara dini," terangnya.

Editor:Wewen
Sumber:Tribun
Kategori:Sumatera Utara, Medan, Gonews Group, Pendidikan
wwwwww