SUKA tidur dekat telepon seluler? Jika jawabannya ya, coba segera menghentikannya. 

Ada bahaya mengerikan jika sering tidur bersebelahan dengan smartphone.

Ini tiga bahaya tidur dengan smartphone seperti dari berbagai penelitian:

1. Gangguan tidur terus menerus

Pengguna yang membiarkan smartphone mereka berada di tempat tidur akan terkena Hypervigilance. Ini merupakan suatu gejala otak yang dapat membuat seseorang mengalami rasa tegang dan kewaspadaan secara terus menerus.

“Untuk pengalaman tidur yang nyaman, Anda harus merasa aman dan tidak khawatir tentang apa pun, khususnya smartphone Anda,” ujar Dr Neil Stanley, ilmuwan dari Leeds University.

2. Disorientasi waktu

Tak hanya itu, ada lagi bahaya terbesar dari tidur dengan smartphone. Dr Charles Czeisler, seorang Profesor Kedokteran yang meneliti ritme tidur dari Harvard University, mengungkap bahwa cahaya yang dipijarkan smartphone juga menyebabkan gangguan ritme alami tubuh seseorang.

Itu dapat memanipulasi tubuh manusia sehingga menggangap waktu masih siang. Kata lain dapat membuat pengguna mengalami disorientasi waktu.

3. Menurunkan kualitas tidur

Studi lain dalam jurnal “Organizational Behavior and Human Decision Processes” pada Januari 2015, juga melakukan penelitian tentang kebiasaan para pekerja yang menggunakan smartphone sebelum tidur.

Hasilnya, para peneliti menemukan jika penggunaan smartphone di atas jam 9 malam dapat menurunkan kuantitas tidur di malam hari. Bahkan dapat menyebabkan kinerja di tempat kerja memburuk di pagi hari.

Ada alasan kenapa mengabaikan tidur dekat smartphone, meski bahaya sudah diketahui.

Setengah dari pengguna smartphone memberikan alasan lebih mudah jika menaruh smartphone di atas tempat tidur ketika ingin mematikan alarm untuk bangun tidur.

Persentase menunjukkan bahwa 63 persen pengguna smartphone yang berusia 18-29 tahun, benar-benar tidur bersama gadget mereka, baik itu smartphone atau pun tablet.

Selain memberikan dampak berkala ke otak, kebiasaan tidur bersama smartphone di atas ranjang dapat mengakibatkan gangguan tidur secara terus menerus.(pjs)