Setiap Dekade, Populasi Muslim di India Bertambah 30 Juta Orang

Setiap Dekade, Populasi Muslim di India Bertambah 30 Juta Orang
Muslim India
Selasa, 07 Maret 2017 22:04 WIB

JAKARTA - India merupakan negara dengan pemeluk Hindu terbanyak di dunia. Namun, jumlah warga India yang memeluk Hindu diprediksi mengalami tren penurunan dalam dekade-dekade mendatang.

Pada 2010 silam, sebanyak 79 persen penduduk India beragama Hindu. Sedangkan, pada 2050 nanti sebanyak 76,7 persen penduduk India diprediksi beragama Hindu. Tren yang sama juga dialami agama Nasrani (dari 2,5 persen ke 2,2 persen total populasi) dan penganut kepercayaan lain-lain di India (dari 4,1 persen ke 2,7 persen populasi nasional).

Namun, kabar yang berbeda justru terjadi pada Islam. Pada 2010, umat Islam di India merupakan 14,4 persen dari total populasi nasional. Namun, pada 2050 mendatang populasi umat Islam India diprediksi mencapai 18,4 persen dari total penduduk.

Dengan kata lain, PRC memprediksi bahwa pada 2050, India akan menjadi bukan hanya negara dengan pemeluk Hindu terbanyak di dunia, melainkan juga pemeluk Islam terbanyak di dunia. Gelar ganda ini merupakan hasil temuan yang menarik perhatian.

Ads
Dengan mengolah data PRC, kita dapat mengetahui bahwa dalam rentang 2010-2050 rata-rata setiap pergantian dekade sebanyak 33,615 juta orang memeluk Islam di India.

Bandingkan dengan Indonesia dalam rentang yang sama, sebanyak 11,925 juta warga Indonesia memeluk Islam per dekadenya. Secara global, menurut PRC, umat Islam adalah satu-satunya komunitas agama yang mengalami laju pertumbuhan paling pesat dibandingkan laju pertambahan penduduk dunia.

Hal itu terutama disebabkan bahwa umat Islam memiliki rata-rata usia penduduk paling rendah, yakni 30 tahun, bila dibandingkan umat dari agama-agama lainnya.

Dalam abad mendatang, kaum Muslim dan Islam akan menjadi yang terdepan dalam konstelasi perdebatan dunia. Sebab, pertumbuhan populasi dan arus migrasi regional Muslim mengalami peningkatan, demikian laporan PRC tersebut seperti dikutip Times of India, Jumat (3/3).

Mengutip data dari Index Mundi India Demographic Profile 2016, angka kelahiran (birth rate) India pada 2016 diprediksi sebanyak 19,3 kelahiran per seribu populasi.

Adapun angka kematian India dalam tahun yang sama diprediksi sebanyak 7,3 kematian per seribu populasi. Adapun rata-rata usia penduduk India tahun 2016 adalah 27,6 tahun. Artinya, angka tersebut tak jauh beda dengan rata-rata usia umat Islam versi PRC, yakni 30 tahun.(rol)

Editor:Arie RF
Sumber:republika.co.id
Kategori:Gonews Group
wwwwww