JAKARTA - Meretas jalan menjadi pengusaha harus dimulai dari tekad yang kuat dan keberanian untuk mengambil resiko. Menjadi wirausahawan bukan sekedar persoalan ketersediaan modal.

Demikian disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan saat berbagi tips menjadi pengusaha sukses di acara Indonesian Future Investment Conference (IFIC) yang dilaksanakan di Smesco, Selasa (7/3/2017).

Zulkifli yang juga merintis jalan menjadi pengusaha sejak muda ini mengatakan, keberanian mengambil resiko akan membentuk mental wirausaha yang kuat.

"Saya jadi enterpreneur tanpa modal. Dulu saya gadaikan ijazah SMA untuk ambil barang yang dijual lagi. Alhamdulillah keberanian itu jadi awal untuk sukses jadi pengusaha," kata Zulkifli yang sudah menjadi Pengusaha bidang household sejak tahun 80an.

Enterpreneur menurut Zulkifli merupakan wajah Indonesia di masa depan. Semakin banyak pengusaha, kata Ketua MPR, semakin cerah pula masa depan bangsa Indonesia.

"Enterpreneur adalah andalan daya saing bangsa di masa depan. Karena itu saya mendukung penuh lahirnya pengusaha-pengusaha muda," tukasnya.

Sebagai Ketua MPR, Zulkifli Hasan mendukung penuh acara IFIC untuk merintis jalan bagi tumbuhnya generasi baru pengusaha.

"Harus ada lebih banyak acara seperti Investment competition ini. Sehingga pengusaha muda kita terlatih mental dan keberaniannya," tutup Zulkifli ***