Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah akan Dilantik Jadi Wagubsu 9 Maret Ini

Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah akan Dilantik Jadi Wagubsu 9 Maret Ini
Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah akan Dilantik Jadi Wagubsu 9 Maret Ini
Selasa, 07 Maret 2017 12:39 WIB
Penulis: RLS

MEDAN – Mantan Jenderal, Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung dijadwalkan akan dilantik, Kamis (9/3/2017) di Jakarta, sebagai Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) terpilih sisa masa jabatan 2013-2018.

Jadwal pelantikan ini diketahui, setelah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) terpilih sisa masa jabatan 2013-2018 untuk Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung.


Kabar pelantikan Wakil Gubernur Sumut terpilih – Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung, diketahui pada Senin (6/3/2017) sore, yang diperoleh dari Kantor Kementerian Dalam Negeri. Namun, dari informasi yang diperoleh belum diketahui secara pasti apakah pelantikan tersebut dilakukan Presiden RI Jokowi atau Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Terkait informasi akan dilantiknya Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung menjadi Wakil Gubernur Sumut, pada 9 Maret 2017, saat dikonfirmasi kepada Sekretaris Fraksi Hanura DPRD Sumut, Ir Darwin Lubis melalui telepon seluler (ponsel) menuturkan, bahwa pihaknya masih menunggu jadwal pelantikan tersebut.

Ads
Namun, Darwin Lubis yang juga Anggota Komisi D DPRD Sumut ini mengaku, pihaknya memang mengetahui bahwa Keppres Wakil Gubernur Sumut Terpilih sisa masa jabatan 2013-2018 telah ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo, tapi tentang jadwal pelantikan pada 9 Maret 2017, nanti coba kita cros chek (periksa), apakah surat dari Kemendagri sudah diterima oleh DPRD Sumut.

“Memang, pada 9 Maret – ada jadwal pelantikan/peresmian dan pengambilan sumpah/ janji, tapi acara itu Rapat Paripurna Istimewa Dewan, dimana seorang kader Partai Hanura atas nama Aduhot Simamora menjadi Wakil Ketua DPRD Sumut sisa masa jabatan 2014-2019 menggantikan wakil ketua sebelumnya,” ungkap Darwin Lubis, seraya menuturkan, kabar pelantikan Wagub Sumut itu ada didengar, tapi kapan jadwalnya belum diketahui.

Nanti, jika benar kabarnya ada pelantikan Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung sebagai Wakil Gubernur Sumut, maka 9 Maret itu merupakan “Kamis Berkah” bagi Partai Hanura. Sebab, pada hari dan tanggal yang bersamaan (Kamis, 9 Maret 2017), di Gedung DPRD Sumut juga digelar Rapat Paripurna Istimewa Dewan dengan agenda peresmian/lantikan dan pengucapan sumpah/janji Aduhot Simamora sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara sisa masa jabatan 2014-2019,” tutur Darwin Lubis.

Sekedar diketahui sebelumnya, Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung meraih 68 suara, pada proses pemilihan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang digelar di ruang Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut), Senin (24/10/2016) lalu, setelah mengalahkan Muhammad Idris Luthfi Rambe dari kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendapatkan perolehan 19 suara, dari hak suara yang digunakan dalam pemilihan yang mencapai 88 suara dari total 99 hak suara.

wwwwww