UKM Merupakan Pilar Ekonomi Real di Indonesia Kata Ketua Dekranas

UKM Merupakan Pilar Ekonomi Real di Indonesia Kata Ketua Dekranas
Peringatan HUT Dekranas ke-37, di Pendopo Umar Baki.
Sabtu, 04 Maret 2017 13:12 WIB

BINJAI - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) harus mampu menjadi wadah tempat berkumpulnya para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan enterpreneur, juga sebagai motivator yang mampu menghasilkan pemikiran kreatif sebelum pelaku UKM memulai usahanya.

"UKM merupakan pilar ekonomi real di Indonesia, memiliki spesifik yang bagus karena tidak terpengaruh dengan keadaan ekonomi. Untuk itu para pelaku UKM harus mampu membaca peluang pasar. Saya berharap Kepala Dinas Ketenagakerjaan untuk selalu mengetahui perkembangan perekonomian, agar UKM di Kota Binjai dapat maju dan berkembang," ungkap Walikota Binjai, HM Idaham, pada acara peringatan HUT Dekranas ke-37, di Pendopo Umar Baki.

Sektor pertanian, perdagangan, dan koperasi saling berkaitan, UKM membutuhkan modal, untuk itu bank terutama bank Sumut harus memberi kemudahan Kepala pelaku UKM yang membutuhkan modal dalam memulai usahanya.

"Seluruh SKPD harus saling membantu, saya menilai kerjasama dengan pihak universitas harus dilakukan, contoh nya dalam hal membantu pelaku UKM memulai usahanya, universitas membantu membuatkan kuisioner yang di sebar ke masyarakat, sehingga kita bisa mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat, sejauh mana produk itu berfungsi untuk masyarakat, kita harus mampu berfikir sistematis, sehingga kegagalan dapat kita minimalisir," tegas Walikota.

Ads
Lebih lanjut Idaham mengatakan, banyak pelaku UKM yang gagal karena tidak mengetahui pangsa pasar. UKM berbasis pengetahuan perlu dibuat sebelum memulai usaha. Kita berharap Kota Binjai menjadi kota yang layak huni.

Ketua Dekranasda Kota Binjai, Lisa Andriani M Idaham, mengungkapkan persaingan global saat ini semakin ketat, merupakan hal yang tidak dapat dielakkan, menjadi tantangan bagi dekranasda untuk berkreasi, dekranasda harus mampu menjadi pembina produk, ikut mendorong kreatifitas pengrajin.

"Dekranasda harus kreatif sehingga mampu meningkatkan pendapatan amggotanya, merangkul masyarakat yang memiliki jiwa enterpreneur. Jadikan syukur Dekranas ke 37 ini untuk merenung serta mengevaluasi, agar kedepan dekranasda semakin lebih baik, kita harapkan Pemerintah dapat bersinergi dengan dekranasda," pinta Lisa.

Syukuran HUT Dekranas ke 37 turut ditampilkan pameran hasil karya pelaku UKM Kota Binjai, yang nantinya mereka akan mengikuti pameran di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU).

Editor:Wewen
Sumber:metro24.co
Kategori:Ekonomi, Gonews Group, Medan, Sumatera Utara
wwwwww