Januari, Luas Tanam Bawang Merah di Sumut Capai 72,2 Hektare

Januari, Luas Tanam Bawang Merah di Sumut Capai 72,2 Hektare
Jum'at, 03 Maret 2017 11:25 WIB

MEDAN - Pada Januari 2017, luas pertanaman bawang merah Sumatera Utara (Sumut) mencapai 72,2 hektare. Paling tinggi di Kabupaten Karo seluas 50 hektare, diikuti Samosir 15 hektare, Serdang Bedagai (Sergai) tujuh hektare dan Tebingtinggi 0,2 hektare.

Data Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, dari luas tanam bawang merah yang tercapai produksinya sebanyak 734 ton. Tertinggi tetap dari Karo sebanyak 562 ton dengan luas panen 73 hektare.

Lalu Samosir 156 ton dengan luas panen 24 hektare, Toba Samosir 14 ton dengan luas panen dua hektare dan Sergai menghasilkan dua ton dengan luas panen lima hektare.

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut M Azhar Harahap melalui Kepala Sub Bagian Program Marino mengatakan, luas tanam bawang merah akan terus digenjot diperiode berikutnya.

Ads
"Tahun 2017 ini, luas tanam bawang merah ditargetkan 1.500 hektare. Target ini terbilang cukup tinggi mengingat bawang merah belum menjadi tanaman favorit petani," katanya di Medan.

Begitupun, lanjut Azhar, pengembangan bawang merah terus dilakukan dengan serius di Sumut. Terlebih beberapa daerah yang terbilang potensial dalam pengembangannya yakni Karo, Dairi, Samosir, Toba Samosir, Simalungun dan lainnya.

Editor:Wewen
Sumber:medanbisnis
Kategori:Ekonomi, Gonews Group, Medan, Sumatera Utara
wwwwww