Anda Lagi Stres...? Cobalah Konsumsi 6 Makanan Ini

Anda Lagi Stres...? Cobalah Konsumsi 6 Makanan Ini
ilustrasi
Kamis, 02 Maret 2017 06:33 WIB

STRESS merupakan kondisi yang dialami individu dan sifatnya internal, biasanya disebabkan tuntutan fisik, lingkungan dan situasi sosial yang bisa merusak dan tidak terkontrol.

Padatnya aktivitas dan juga tekanan sering menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan condong ke arah depresi.

Kondisi itulah yang disebut dengan stres. Stres seringkali dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit ataupun gangguan kesehatan, seperti depresi, tekanan darah tinggi, obesitas dan juga gangguan jantung.

Kondisi semacam itu sering terjadi pada orang-orang yang tidak bisa mengontrol dan juga mengatasi stresnya dengan baik.

Ads
Salah satu metode yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres adalah melalui pola asupan makanan.

Beberapa jenis makanan ini bisa jadi akan membuat suasana hati atau mood menjadi lebih baik.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa menghilangkan atau setidaknya mengurangi stres, seperti dilansir laman MSN, Selasa (28/2).

1. Salmon

Penelitian menunjukkan bahwa gizi yang terkandung dalam ikan berminyak dan kacang-kacangan tertentu bisa membantu Anda merasa lebih tenang. Asam lemak omega-3 telah terbukti mengurangi peradangan di otak dan berpotensi mengurangi kecemasan.

2. Blueberry

Blueberry mengandung anthocyanin dan antioksidan yang dikandungnya bisa membantu menghasilkan dopamine yang juga membantu mengontrol suasana hati Anda.

Dopamin memainkan peran penting dalam kesejahteraan emosional.

3. Yogurt

Anda harus menghindari acar karena makanan ini mengandung garam yang tinggi dan hubungan antara natrium dan tekanan darah tinggi bisa meningkatkan stres daripada menguranginya.

4. Teh chamomile

Sebuah studi 2009 yang dilakukan para peneliti di University of Pennsylvania menemukan bahwa ekstrak chamomile telah terbukti secara signifikan mengurangi perasaan cemas.

Penelitian kecil lainnya juga menunjukkan bahwa teh chamomile membantu orang dengan gangguan tidur agar mendapatkan istirahat yang lebih baik.

5. Bayam atau sayuran lainnya

Tingkat rendah folat dan vitamin B12 mungkin ada hubungannya dengan depresi dan kecemasan. Sayuran hijau yang tinggi folat bisa mengatasi stres Anda.

6. Kombinasi dari protein, serat dan lemak yang baik

Menstabilkan kadar gula darah membantu pengaturan mood Anda. Karena itu, konsumsilah kombinasi makanan yang mengandung protein, serat dan lemak yang baik seperti kombinasi dari avocado dan kalkun.(fny/jpnn)

Editor:Arie RF
Sumber:jpnn.com
Kategori:Gonews Group
wwwwww