MEDAN - Usai menembak mati seorang tersangka yang disebut-sebut sebagai bandar narkotika di Jalan Binjai dalam sebuah penyergapan, Rabu (1/2/2017) pagi, petugas dari Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN - RI) yang dipimpin Kombes Pol Wahyu, kembali mengamankan enam orang pria asal Aceh dari sebuah rumah di Jalan Sunggal Gang Langgar No. 7 Kelurahan Sunggal. Keenam orang yang diduga sebagai pelaku jaringan narkotika itu antara lain berinisial HS, ZKR, M, Saf, A dan S. Keseluruhannya diketahui berasal dari Provinsi Aceh.

Setelah diamankan, BNN membawa keenam terduga ke lokasi tempat ditembak matinya seorang tersangka. "Kalau soal keterangan resminya, nanti ya. Biar pimpinan yang menjelaskan," kata salah seorang petugas kepada GoSumut.

Informasi sebelumnya, petugas BNN - RI terpaksa menembak mati satu orang tersangka tindak pidana narkotika sekira pukul 09.00 WIB. Upaya penangkapan ini dilakukan terhadap dua orang bandar sabu masing-masing mengendarai mobil Daihatsu Xenia plat BK 1856 KV dan Honda CR-V plat BK 1189 OG di Jalan Medan-Binjai Km 10,5 Desa Paya Geli, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang.

Saat hendak dilakukan penangkapan, tersangka yang mengendarai mobil Daihatsu Xenia langsung tancap gas sehingga personel BNN RI melakukan penembakan ke arah mobil berwarna hitam tersebut. Tembakan mengenai pelaku sehingga mobil berhenti di jalan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, pelaku yang belum diketahui identitasnya itu tewas. Dari dalam mobil pelaku, petugas menemukan tas berisikan serbuk putih diduga sabu-sabu seberat lebih kurang 30 kilogram.

Tidak jauh dari lokasi penembakan, petugas juga menangkap tersangka sabu lainnya yang mengemudikan mobil Honda CR-V putih. Pelaku ditangkap dalam kondisi hidup. Setelah berhasil melumpuhkan kedua pelaku, 30 menit kemudian atau sekira pukul 09.30 WIB, personel BNN RI kemudian melakukan pengembangan.

Dari pengungkapan ini, delapan orang terduga tersangka ditangkap, seorang di antaranya tewas tertembak. Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak BNN RI. 

Sebelumnya, petugas dari BNN RI juga menembak mati tersangka narkotika di Jalan Ringroad Medan pada Minggu, (19/2/2017) lalu. Dalam pengungkapan itu, BNN berhasil mengamankan puluhan kilo narkotika jenis sabu.