SUMATERA Utara menjadi daerah penting pemasok beras untuk Kota Pekanbaru, Riau. Ketersediaan beras untuk Pekanbaru juga dipasok dari Sumatera Barat. Kendati demikian, untuk saat ini kebutuhan itu sudah mencukupi dan tidak berpengaruh terhadap harganya di pasaran. Adanya kekhawatiran berkurangnya pasokan kebutuhan beras di Kota Pekanbaru, karena kota tersebut sedang mengalami musim hujan.

Kabid Ketersedian Pangan Kota Pekanbaru, Mulyono mengatakan, kondisi Pekanbaru sejak beberapa hari ini mengalami musim hujan, tidak berpengaruh terhadap ketersedian kebutuhan pangan, seperti beras dan kebutuhan pokok lainnya.

Disebutkannya, terjadinya lonjakan harga apabila terjadi peningkatan permintaan, sedangkan ketersedian tidak mencukupi. Hal itu disebabkan oleh putusnya akses jalan dari Sumbar dan Sumut.

Jika putusnya akses jalan dari dua itu, maka menyebabkan kurangnya pasokan beras.

“Kebutuhan pangan di Provinsi Riau khususnya di Kota Pekanbaru seperti beras untuk saat ini sudah mencukupi,” ungkap Mulyono seperti dilansir Riau Pos (grup pojoksumut), Minggu (26/2/2017).

Selain dipengaruhi kondisi jalan, kondisi harga dan ketersediaan beras dipicu oleh kebutuhan di hari besar, seperti puasa atau lebaran. “Karena Riau, khususnya pekanbaru bukan kawasan produksi,” ujarnya kepada Riau pos.

Untuk itu, ke depan Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru akan melakukan kerjasama-kerjasama dengan beberapa industri penghasil pangan seperti beras agar ke depannya pekanbaru tidak lagi terjadi kekurangan pangan, apalagi lonjakan harga.