MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Tengku Erry Nuradi mengajak putra daerah yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Gula dan Tepung Terigu Indonesia (Apegti) Sumut mengawal dan mengawasi setiap proses perdagangan gula dan tepung terigu guna mencegah terjadinya permainan para spekulan yang mengharapkan keuntungan semata.

‘’Ini penting, khususnya saat menjelang dan perayaan hari-hari besar keagamaan. Karena gula dan terigu menjadi incaran spekulan untuk mempermainkan harga,’’ tandas Gubsu Erry saat menghadiri pelantikan DPP Apegti Sumut dan DPD Apegti Kabupaten Kota Se-Sumut di Sheraton Hotel Jalan Jend Gatot Subroto Medan.

Hadir Ketua DPN Apegti Syarif Usman Almuthahar, Ketua DPP Apegti Sumut Zulkifli, Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut Farianda Putra Sinik, perwakilan PTPN II, Devisi Regional Perum Bulog Sumut dan unsur FKPD Provsu.
Dalam kesempatan itu Gubsu Erry menyambut baik inisiatif para putra daerah dengan mendedikaskan dirinya sebagai pengurus Apegti. Gubsu berharap pengurus yang dilantik kiranya dapat menjaga kestabilan harga gula maupun tepung terigu sehingga tidak menyumbangkan inflasi di Sumut seperti pada bulan Mei dan Juni 2016 lalu.

"Saya mengharapkan pengurus Apegti Sumut dapat menjaga kestabilan harga gula dan terigu sekaligus menjamin ketersediaan gula layak konsumsi dan mencegah beredarnya gula import ilegal dengan tetap berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Sumut,"harap Gubsu.

Ketua DPN Apegti Syarif Usman didampingi Ketua DPP Apegti Sumut Zulkifli mengaku bangga atas kehadiran Gubernur Sumut dalam kegiatan pelantikan tersebut. Apegti, lanjut Syarif Usman akan membantu pemerintah dalam melakukan pengawasan dan menjaga kestabilan harga gula maupun menjaga ketersediaannya.

"Dalam melaksanakan tugasnya Apegti tentu tidak dapat bekerja sendiri. Nanti kita akan dibantu oleh tim monitoring yang dibentuk Pak Gubernur. Artinya kita siap membantu tugas-tugas pemerintah," ujar Syarif.

Dalam kesempatan itu Syarif juga meminta agar pengurus DPP dan DPD Apegti Sumut dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan ADRT sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Hal senada juga diucapkan Ketua Apegti Sumut Zulkifli. Dia mengajak para pengurus Apegti untuk sama-sama bekerja dan memperjuangkan program kerja Apegti guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut Zulkifli, putra daerah wajib ambil bagian dalam mengelola bisnis sebagaimana yang menjadi hak sebagai warga negara.