POLISI- Malaysia gencar melancarkan investigasi bagaimana pembunuh melakukan aksinya menggunakan racun berdaya bunuh tinggi terhadap Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara. Wartawan Al Jazeera, Florence Looi, melaporkan, polisi telah menahan dan meminta keterangan seorang warga negara Korea Utara yang diduga memproduksi racun kimia, VX.

Looi mengatakan, polisi juga mencoba mengidentitikasi pria yang memiliki ilmu pengetahuan tentang bahan kimia tersebut. Menurut Looi, dia diduga mendapatkan pelatihan dan memliki pengalaman memproduksi bahan kimia di laboratorium Kuala Lumpur.

"Pertanyaan besarnya adalah, bagaimana kedua perempuan yang diduga membunuh itu mendapatkan bahan beracun," ujarnya. "Bagaiman zat beracun tinggi itu bisa masuk ke Malaysia?"

VX adalah racun berkecepatan tinggi membuat orang sesak napas dan gagal jantung. Meskipun hanya setetes, namun racun ini sanggup membunuh korbannya, apakah dengan cara dihirup atau diserap melalui kulit.

Menurut keterangan seorang pengamat keamanan kepada AFP, tidak terlalu sulit mendatangkan racun VX ke Malaysia melalui jalur diplomatik karena bebas pemeriksaan bea dan cukai.