JAKARTA - Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas Batalyon Komposit TNI Konga XXXV-B/Unamid (United Nations Mission In Darfur) melaksanakan kunjungan sekaligus memberikan bantuan kepada sekolah dan masjid yang berada di El Geneina, Darfur, Sudan. 

Seperti diketahui, para prajurit tersebut tengah melaksanakan tugas sebagai pasukan penjaga perdamaian PBB.

Bantuan tersebut diberikan ke Sekolah Islam “Mujamma Khalawi li Takhfidzil Quran wal Dirosah” dan Masjid An-Nur di desa Al-Riyadh.

Adapun sumbangan yang diberikan di sekolah Islam berupa 300 pakaian (150 pakaian pria dan 150 pakaian wanita), 350 Alquran, 700 buku dan alat tulis.

Sedangkan di Masjid An-Nur, Satgas Indobatt-02 memberikan bantuan berupa tikar dan bahan bangunan berupa 80 lembar seng (senilai 14.800 SDG).

Komandan Satgas Indobatt-02 Letkol Inf Singgih Pambudi Arinto berharap, bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan oleh pelajar dan masyarakat.

Menurut Singgih, pemberian tersebut juga merupakan komitmen Pasukan Garuda yang inhin berpartisipasi aktif dalam upaya memajukan pendidikan Agama Islam di sana.

“Indobatt-02 selalu berkomitmen untuk membantu masyarakat dan berpartisipasi aktif dalam memajukan pendidikan Islam yang ada di Darfur, Sudan,” kata Singgih seperti dilansir republika.co.id, Rabu (22/2).

Singgih menambahkan, kegiatan kunjungan dan pemberian bantuan yang rutin dilaksanakan tersebut, juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi dengan warga sekitar.

Selain pererat silaturahmi, kunjungan tersebut juga menurutnya sebagai sarana diplomasi antara Pasukan Garuda dengan masyarakat lokal yang masih dalam Area of Responsibility dari prajurit Satgas.(rol)