JR Saragih Bilang Isu Lintah di Danau Toba Bisa Bikin Investor Resah

JR Saragih Bilang Isu Lintah di Danau Toba Bisa Bikin Investor Resah
Kamis, 23 Februari 2017 12:04 WIB

SIMALUNGUN - Bupati Simalungun, DR JR Saragih SH MM secara blak-blakan mengatakan memiliki rasa tanggung jawab moril dan merasa kasihan para investor yang telah menanam saham di kawasan wisata Danau Toba dan berharap isu lintah di Danau Toba jangan di kaitkan dengan Politik.

“Kasihan para investor tak ada pengunjung dan tamu hotel kalau kek gini. Jadi tadi dah kita lihat langsung bahwa Danau Toba tidak ada apa apa karena saya tahu persis kek mana lintah sebab saya orang kampung,” ucapnya.

Masih JR Saragih berharap Isu ada lintah di Danau Toba jangan di bawa ke Politik karena yang jadi korban para pengusaha, investor dan masyarakat setempat yang berpenghasilan di areal wisata Danau Toba.

Disinggung ada statment dari Kepala BLH Sumut menyebutkan air Danau Toba tercemar atas keberadaan lintah JR Saragih menjawab bahwa untuk Kawasan Danau Toba udah di uji kelayakannya.

Ads
“Kami ada uji kelayakan Danau Toba dari BLH pusat dan BLH kabupaten Simalungun tentang mutu air.BLH Kabupaten Simalungun punya ahli membidangi itu dan hasilnya tak ada masalah, maka saya pun binggung adanya lintah di Danau Toba.Jika ada penelitian dari luar harus di gandeng dong BLH Simalungun, nngak bisa dong main sendiri semua itukan ada aturannya,” ucapnya JR Saragih.

Lanjutnya JR Saragih membeberkan tidak ada kaitan isu lintah di Danau Toba dengan pengusaha ikan dan keramba jaring apung(KJA) milik masyarakat.

“Jadi jika memang mau di tutup,oklah ngak apa apa kita tutup tetap masyarakat punya harus di tutup juga.Jadi dalam hal ini kita harus legowo jangan di kaitkan ke politik,karena yang jadi korban adalah masyarakat disini.Dulu sudah kita tertibkan ini tapi ada perintah dari pusat maka kita tata dan membenahi Danau Toba ini,”terang JR Saragih.

Pantauan Bupati Simalungun dan Para SKPD serta camat untuk memastikan ada lintah terjun langsung dari pantai bebas Danau Toba menaiki tiga unit kapal menuju pemandian bebas areal Hotel Inna Parapat dan pemandian bebas areal pasangrahan Soekarno.

Terlihat Sekda Gidion Purba dan beberapa Kepala Satuan SKPD mandi bareng di pantai pemandian bebas di pasangrahan Soekarno untuk memastikan apakah ada lintah seperti dan gatal-gatal.Ternyata hasil dari pengakuan mereka yang mandi tak ada menemukan lintah dan badan tak merasa gatal, setelah mandi di Danau Toba.

wwwwww