MEDAN - Harga cabai merah di Pasar Tradisional Pringgan mengalami penurunan harga yang cukup tajam. Jumlah persediaan yang mulai banyak mengakibatkan harga cabai merah turun signifikan.


Pantauan di Pasar Tradisonal Peringgan Medan, harga cabai merah dijual dengan harga Rp 16 ribu – Rp 15 ribu perkilogramnya. Sebelumnya, harga cabai merah di pasar ini, sempat mencapai Rp 100 ribu perkilogram, lalu perlahan turun di harga Rp 60 ribu perkilogram hingga saat ini menjadi Rp 15 ribu perkilogram

Tito salah satu Pedagang Cabai Merah di Pasar Pringgan Medan, mengatakan, menurunnya harga cabai merah ini, terjadi perlahan. Hal itu, dikarenakan, banyaknya pasokan cabai merah yang masuk ke pasar.
“Harga sudah turun, sudah banyak stok cabai sekarang. Ini kami jual Rp 30 ribu perkilogram. Ada juga yang Rp 32 ribu perkilogram,” ujarnya, Rabu (23/2).

Tito menyatakan, penurunan harga cabai yang dijualnya sudah berlangsung dari kemarin, dikarenakan banyaknya pasokan dari pemasok yang berdampak dengan turunnya harga. “Iya sudah semenjak kemarin cabai merah turun, sebelumnya juga sudah turun Rp 30 ribu perkilonya, pasokan melimpah dari distributor, Harga jual pun jadi turun,” ungkapnya.

Fadli salah satu pedang lainnya mengatakan bahwa penurunan ini membuat pasokan cabai merah yang dijualnya laku keras. " dari kemarin aku sudah habis 80 kg bang, dulu pas mahal palingan 10 kg per 2 hari, " cetus Fadli

Dirinya berharap agar harga cabai merah kembali normal di harga Rp 25 ribu perkilogram nya. " meskipun sama kami pedagang gak berdampak, maunya jangan anjlok kali turun nya bang, kasian petani-petani cabai merah, maunya normal saja lah harganya di harga Rp 25 ribu perkilogram nya." ungkapnya

Hal ini disambut gembira oleh pengusaha warung makan di seputaran Pengadilan Negri Medan, Maknyak, ibu dengan 4 orang anak ini mengaku penurunan ini jauh dari harga normal, membuat laba keuntungan usahanya meningkat.

"Saya sangat senang lah, soalnya saya tiap harinya membeli cabai merah hingga 10 kg, kalau harga murah gini kan jadi banyak untung kita jualan ini," tambahnya.