Pemkab Palas Prioritaskan Program Pengendalian Banjir

Pemkab Palas Prioritaskan Program Pengendalian Banjir
Asisten II Setdakab Palas H Budi Utari sedang membimbing jalannya Musrenbang tingkat kecamatan Ulu Barumun
Rabu, 22 Februari 2017 20:31 WIB
Penulis: Sufriadi Hsb

PADANG LAWAS - berdasarkan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) memprioritaskan program pengendalian banjir.


Camat Ulu Barumun H Zulkarnain Nasution S.Sos,M.Si mengatakan dari rekapitulasi hasil musrenbang tingkat desa secara umum mengajukan Pemagaran Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Selanjutnya, bagi daerah yang rawan banjir atau wilayah aliran sungai mengajukan program pengendalian banjir. Mengingat daerah kecamatan Ulu Barumun komunitasnya rawan banjir, maka Musrenbang tingkat kecamatan untuk pembangun tahun 2018 memprioritaskan program pengendalian banjir.

Disamping pemagaran TPU dan jembatan, hasil musrenbang juga memprioritaskan usulan yang berasal dari desa Tapian Nauli dan Simanuldang Jae, yaitu pengendalian banjir yang berada diwilayah kedua desa tersebut. Sementara itu, program lain seperti jembatan gantung menuju desa tertinggal desa Aekhayuara, jalan desa penghubung antar desa Sibulussalam menuju pintu Padang.

Anggota DPRD Palas Asal Dapil II masing-masing Abdi Faisal dan H Puli Parisan juga mengatakan, mengingat daerah ulu barumun termasuk wilayah yang banyak memiliki aliran sungai, maka program pengendalian banjir dinilai sangat efektif dan tepat sasaran.

Selain itu, mereka juga menyarankan kepada kepala desa dan perangkat desa agar sinkronisasi program terhadap penggunaan dana desa. Mereka juga mengingatkan, agar perencanaan pembangunan Desa yang menggunakan anggaran Dana desa supaya melibatkan tokoh masyarakat, cerdik pandai, alim ulama dan tokoh adat dalam menyusun program.

Dikatakan demikian, karena banyaknya laporan dari masyarakat bahwa pejabat pemerintahan selama ini mengabaikan unsur kompeten didesa. Ditanya tentang usulan penahan banjir aek jorbing desa pasa ipuh, kedua Anggota DPRD Asal Dapil II ini menegaskan akan siap membantu,

“Kita siap membantu dan memfailitasi anggarannya melalui APBD Kabupaten Palas, mengingat desa tersebut sudah lama mengusulkan persoalan itu,”ungkap Abdi Faisal dan H Puli Parisan kepada Wartawan Rabu (22/2/2017).

Mereka menyatakan, selain pengendalian banjir dan bangunan titi gantung Aekhayuara, juga menjadi prioritas bangunan pagar TPU Desa Sibulusalam, proyek dek jalan Paran batu dan secara umum persentase usulan dari setiap desa adalah pagar TPU di setiap desa.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten II Setdakab Palas H.Budi Utari Siregar beserta timnya termasuk Kepala Badan Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat, para Kades dan perangkat desa se-kecamatan Ulu Barumun.



Ads
wwwwww