Advan SMK Sales Awards, Sarana untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa

Advan SMK Sales Awards, Sarana untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa
Selasa, 21 Februari 2017 16:53 WIB
JAKARTA - Melalui Instruksi Presiden No 9 tahun 2016, Presiden Jokowi memberikan instruksi bagi Kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah melaksanakan revitalisasi SMK untuk peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia.Dalam rangka mendukung kebijakan Presiden melaksanakan revitalisasi SMK maka Direktorat Pembinaan SMK bekerjasama dengan organisasi praktisi di bidang penjualan yaitu KOMISI (Komunitas Sales Indonesia) dan SDI (Sales Director Indonesia) dan didukung oleh Advan, Stabilo, Derap Dynamis, Innophoenix mengadakan kompetisi dengan mengusung tema ''Advan SMK Sales Awards 2017" dengan slogan kegiatan ''Saya Jago Sales''.

Program yang diprakarsai oleh Dedy Budiman M.Pd, CMA Founder KOMISI dan SDI merupakan kompetisi yang dikemas untuk memberikan sarana dan kesempatan bagi para siswa/i SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran untuk mempraktekkan kegiatan penjualan secara real.

Dengan mengusung tema kegiatan ''Saya Jago Sales'', panitia ingin memotivasi, mengedukasi dan memfasilitasi agar siswa/i SMK lebih mengenal profesi sales dan mengetahui bagaimana menjual dengan benar sehingga peserta kegiatan ini bisa Jago Sales alias jago menjual produk/jasa.

Ads
Sesuai dengan data dari KOMISI yang tersebar di 13 kota ( Jabodetabek, Bandung, Solo, Jogja, Semarang, Surabaya, Padang, Palembang, Pekanbaru, Medan, Balikpapan, Makassar dan Bali ) dan anggota Sales Director Indonesia yang beranggotakan hampir 300 Sales Director, CEO, President Director dan Owner, saat ini ada ribuan perusahaan yang masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan lulusan SMK yang kompeten untuk bisa menjual.

Kesulitan ini terjadi karena berbagai hal salah satunya adalah keraguan dari pihak industri tentang kualitas lulusan SMK khususnya di bidang pemasaran.

Melalui Program Advan SMK Sales Awards ini diharapkan bisa memberikan 3 keuntungan bagi siswa/i SMK dan juga Industri, yaitu:

1. Siswa/i akan membuktikan kompetensi yang dimilikinya melalui kompetisi yang
dilaksanakan secara real.

2. Siswa/i akan mendapatkan bimbingan langsung dari para praktisi penjualan yang
sangat berguna dalam meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri untuk masuk ke dunia kerja.

3. Industri akan bisa mendapatkan lulusan siswa/i yang sudah lebih kompeten
dalam menjual dan siap bekerja.

Kegiatan ''Advan SMK Sales Awards'' ini dapat diikuti oleh SMK yang membuka Kompetensi Keahlian Pemasaran seluruh Indonesia dengan kriteria peserta adalah siswa kelas XII kompetensi Keahlian Pemasaran secara berkelompok, 1 group beranggotakan 5 siswa/i.

Untuk mendukung persiapan kegiatan yang dimaksud, akan dilaksanakan sosialisasi secara langsung ke 80 SMK pada 16 Kabupaten/Kota (daftar terlampir) atau melalui Video Conference SMK Rujukan. Dan selanjutnya, mekanisme kegiatan akan langsung dilakukan secara digital di website www.sayajagosales.id

Peserta wajib melakukan registrasi ke website yang akan dibuka pada tanggal 20 Februari 2017 hingga 12 Maret 2017. Setelahnya, peserta diwajibkan mengikuti kelas Online Training yang akan dimulai pada tanggal 27 Februari – 20 Maret 2017.
Kompetensi Penjualan akan dimulai pada tanggal 13 Maret – 8 Mei 2017 dan akan dibagi dalam 3 Tahapan ( detil mekanisme perlombaan, timeline terlampir ).

Pengumuman Pemenang Kompetensi Penjualan Tahap 3 akan dilakukan pada tanggal 16 Mei 2017 dengan total hadiah senilai lebih dari 30 Juta Rupiah dan pemenang langsung direferensikan untuk dapat bekerja langsung di industry.

Selain itu, terdapat Piagam ''Saya Jago Sales'' yang akan dibagikan kepada kelompok yang berhasil mencapai penjualan senilai Rp. 2.500.000,- selama Kompetisi Tahap 1 ( 13 Maret – 20 April 2017 ) dengan syarat detil terlampir. Dan akan mendapatkan Smartphone bagi 30 kelompok pertama yang berhasil mencapai penjualan senilai Rp. 5.000.000,- yang akan diberikan kepada OSIS sekolah kelompok yang bersangkutan.

Diharapkan kegiatan ''Advan SMK Sales Award'' periode 2017 ini mendapat sambutan yang baik dari para siswa/I SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran untuk menerapkan apa yang mereka pelajari di sekolah sehingga dapat memberikan bekal pengalaman terjun di dunia kerja yang nyata.

Panitia mengapresiasi dukungan yang diberikan dari Direktur Pembinaan SMK, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Bp. Drs. M. Mustaghfirin Amin, M.B.A untuk melakukan sosialisasi kegiatan pada 80 SMK referensi pada 16 Kabupaten/Kota yang berada di Indonesia.

Semoga kegiatan ''Advan SMK Sales Award'' dan slogannya ''Saya Jago Sales'' dapat diterima dan didukung oleh seluruh siswa/I SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran dan dapat dilanjutkan menjadi event tahunan yang akan memberikan pengalaman, dan pembekalan nyata bagi para siswa/I sebelum terjun pada dunia kerja secara nyata. ***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Gonews Group, Ekonomi
wwwwww