Bahaya ! Wisatawan di Danau Toba Diserang Lintah dan Kutu

Bahaya ! Wisatawan di Danau Toba Diserang Lintah dan Kutu
Aktivis lingkungan hidup, Holmes Hutapea
Minggu, 19 Februari 2017 11:11 WIB

SIMALUNGUN - Benar-benar miris. Tak hanya sekedar kotor akibat limbah kotoran pakan ikan KJA (Kerambah Jaring Apung), ternak babi serta limbah masyarakat dan perhotelan. Kini air danau toba ternyata sudah dihuni lintah dan kutu yang siap mengintai para wisatawan yang sedang mandi di danau toba, khususnya disekitar Parapat, Simalungun.

Aktivis lingkungan hidup, Holmes Hutapea yang mengatasnamakan Pejuang Danau Toba menyebutkan, jika sebenarnya lintah dan kutu ini sudah mencemari air danau toba sejak tahun 2015 lalu.

Itu dibuktikan dengan adanya seorang wisatawan yang sempat dilarikan ke UGD (Unit Gawat Darurat) Klinik Parapat karena sekujur tubuhnya digerogoti lintah usai mandi di danau toba, Parapat, Simalugun. 

"Itu terjadi pada Februari 2015 lalu. Jadi air danau ini memang sudah benar-benar kotor," ujar Holmes yang dihubungi via seluler.

Dari pengakuan Holmes, pihaknya sudah pernah melakukan penyelidikan langsung dengan cara menyelam ke dasar danau. Hasilnya, ditemukan banyak sekali lintah, kutu serta limbah pakan di dasar danau. Kini, tidak hanya di dasar, kutu dan lintah itu sudah mulai naik ke permukaan yang dangkal.

Ads
Editor:Wewen
Kategori:Sumatera Utara, Simalungun, Peristiwa
wwwwww