JAKARTA - Juru bicara tim sukses Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat, Raja Juli Antoni, yakin bisa menggaet pemilih pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta putaran kedua.

Sebab, Toni yakin ada kesamaan karakter pemilih Ahok-Djarot dengan Agus Sylvi.

Toni menilai, sebagian besar pemilih Agus-Sylvi berasal dari mereka yang memiliki hubungan historis yang kuat dengan Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang telah memimpin selama sepuluh tahun. Dengan begitu, Toni yakin akan sangat mudah menggaet pemilih di putaran kedua.

"Feeling saya, justru kebanyakan pemilih Agus yang jumlahnya 17 persen itu adalah pemilih yang nasionalis, yang selama ini mempunyai hubungan historis dengan SBY sebagai mantan presiden," kata Toni kepada Tempo, Kamis, 16 Februari 2017.

Selain itu, Toni memprediksi sebagian besar pemilih Agus-Sylvi berasal dari kelompok Islam moderat yang tidak menyukai agama dijadikan sebagai alat politik.

Menurut Toni, kelompok Islam konservatif dan garis keras, seperti Forum Pembela Islam (FPI), Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), dan Partai Keadilan Sosial (PKS), sudah berkumpul di kubu Anies-Sandi sejak putaran pertama.

"Pemilih Agus itu juga mungkin kelompok Islam moderat yang tidak suka isu politisasi agama. Karena kebanyakan kelompok Islam yang konservatif contohnya, sudah full di Anies-Sandi," ujar Toni.

Toni menambahkan, secara otomatis kelompok Islam moderat dan kelompok nasionalis menyukai gaya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Menurut saya, peluangnya sangat besar sekali pemilih Agus bisa digaet oleh pasangan calon nomor urut dua," tutur Toni. ***